Proliga 2024: Megawati Hangestri Ganas, Jakarta BIN Juara Final Four Pertama usai Tundukkan Popsivo

oleh Aditya Wany diperbarui 07 Jul 2024, 18:45 WIB
Megawati Hangestri Pertiwi berada di peringkat sembilan klasemen top score PLN Mobile Proliga 2024. Opposite Jakarta BIN itu total sudah mengemas 152 poin. (foto: Proliga)

Bola.com, Surabaya - Tim voli putri Jakarta BIN sukses keluar sebagai pemuncak klasemen final four pertama PLN Mobile Proliga 2024. Mereka menang 3-0 atas Jakarta Popsivo Polwan di GOR Bung Tomo, Surabaya, Minggu (7/7/2024) sore.

Hasil pertandingan ini memang menunjukkan BIN menang tiga set langsung. Tapi skornya memperlihatkan duel ini berlangsung sengit, yakni 25-13, 37-35, dan 25-21.

Advertisement

Set kedua sempat membuat seluruh isi GOR deg-degan karena kedua tim saling mengungguli saat memasuki gamepoint.

Tapi, ketangguhan BIN yang mengandalkan Megawati Hangestri sebagai spiker memperlihatkan dominasi.

"Alhamdulillah bisa menang 3-0, hari ini kami sangat luar biasa. Kerja sama Megawati berjalan, dukungannya sangat luar biasa. Itu jadinya bisa meredam keganasan Popsivo," kata Labib, asisten pelatih BIN.

"Strateginya satu, kompak dan kebersamaan tadi bisa menghasilkan. Kami melihat video, jadi mudah kami baca dengan mempelajari kekuatan lawan. Mungkin spike mereka dari dua orang saja," imbuhnya.

 

2 dari 4 halaman

BIN Manfaatkan Celah Popsivo

BIN mampu memanfaatkan celah Popsivo yang cuma mengandalkan dua pemain asing dalam mendulang angka, yakni Irina Voronkova dan Madison Rishel. Arah serangan lawan juga mudah diantisipasi BIN.

"Sebelum pertandingan, saya tidak bisa menebak-nebak. Karena setiap hari performa kita kan beda-beda. Ada naik, ada turun. Tapi di awal pertandingan, kami masuk lapang, kami yakin kalau kami bisa," ucap Megawati.

"Masuk 24 itu poin-poin krusial. Kami tetap berusaha fokus mendengarkan arahan pelatih. Kami saling percaya satu sama lain. Alhamdulillah kami berhasil menang," imbuh pevoli asli Jember itu.

 

3 dari 4 halaman

Kegagalan Popsivo

Di sisi lain, Popsivo memang gagal menampilkan performa seperti biasanya. Sempat tak terkalahkan di putaran pertama, performa mereka menurun mulai putaran kedua hingga final four.

"Atmosfer empat besar itu berbeda. Yang pasti mental yang harus kami siapkan, dan itu di luar ekspektasi kami. Kami salah sendiri dan kondisi tegang, dalam hal serve maupun menyerang," ujar Lardi, asisten pelatuh Popsivo.

"Serangan kami lebih mudah dibaca. Selama ini komunikasi berjalan baik. Yang pasti, lawan sudah mempelajari kekuatan kami. Saya ucapkan selamat untuk tim BIN yang menjadi juara final four pertama," tuturnya.

 

4 dari 4 halaman

Raihan 6 Poin

Hasil ini membuat BIN menjadi juara final four pertama dengan raihan enam poin. Mereka sempat kalah 1-3 dari Jakarta Pertamina Enduro, tapi kemudian menang identik 3-0 kontra Electric PLN dan Popsivo.

Seluruh tim putri masih menyisakan tiga pertandingan final four kedua. Waktu mereka tak banyak karena berikutnya akan bertarung di Semarang pada 11-14 Juli 2024.