Piala Eropa 2024: Legenda Inggris Tunjuk Eks Pelatih Chelsea Ini Paling Pas Menggantikan Gareth Southgate, Sepakat?

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 07 Jul 2024, 21:45 WIB
Gareth Southgate. Pelatih berusia 51 tahun yang masih menjabat sebagai pelatih Timnas Inggris ini sukses membawa Three Lions menjadi runner-up di ajang Euro 2020 lalu. Sebelumnya, ia pernah membesut Middlesbrough pada 2006 hingga 2009 dan Inggris U-21 pada 2013 hingga 2016. (AFP/Pool/Frank Augstein)

Bola.com, Jakarta - Gary Lineker merasa Frank Lampard layak menggantikan Gareth Southgate sebagai manajer Inggris berikutnya setelah Piala Eropa 2024.

Inggris mengalahkan Swiss melalui adu penalti pada hari Sabtu dan sekarang akan bermain melawan Belanda di pertandingan semifinal Euro 2024 pada pukul 8 malam Rabu ini.

Advertisement

Southgate, sementara itu, telah mengindikasikan bahwa dia tidak mungkin terus memimpin Inggris setelah Euro 2024, terlepas dari apakah timnya memenangkan turnamen tersebut.

Graham Potter, yang dipecat oleh Chelsea pada April 2023, menjadi favorit taruhan untuk menggantikan Southgate sebagai manajer Inggris.

Namun, Lineker merasa Lampard akan langsung mendapat respek dari para pemain Inggris dan yakin mantan bos Chelsea berusia 46 tahun itu cerdik dalam hal taktik.

"Ini akan menjadi turnamen terakhir Gareth Southgate," kata Lineker di The Rest Is Football Podcast.

"Saya pikir, apa pun yang terjadi. Jika dia menang, saya pikir dia akan mundur, dan jika tidak, saya pikir dia akan mundur. Itu akan menjadi keputusannya."

2 dari 3 halaman

Lampard Layak

Frank Lampard yang pensiun sebagai pemain pada Februari 2017 bersama klub MLS, New York City, tercatat pernah menjuarai Liga Inggris sebanyak tiga kali bersama Chelsea pada musim 2004/2005, 2005/2006 dan 2009/2010. Saat banting setir sebagai pelatih, ia pernah menukangi 2 klub EPL, Chelsea dan Everton, namun tak sekalipun menjadi juara. (AFP/Glyn Kirk)

Lineker kemudian mengatakan bahwa Frank Lampard punya peluang yang sama untuk menggantikan Gareth Southgate sebagai manajer Timnas Inggris.

"Tetapi saya tidak akan mengabaikan Frank Lampard. Saya pikir dia secara taktis mendapatkannya. Saya pikir para pemain akan segera menghormatinya. Saya menjadi yang terdepan di sini."

"Jika kamu ingin pergi ke bahasa Inggris, kamu pergi, siapa lagi? Eddie Howe? Eddie Howe, mungkin?"

"Saya pikir dia kurang beruntung dalam karier manajerialnya dalam beberapa hal. Saya pikir dia memahaminya secara taktis."

3 dari 3 halaman

Berita Terkait