Pernah Juara di India, Slavko Damjanovic Antusias Jalani Petualangan Baru Bersama Persebaya

oleh Aditya Wany diperbarui 08 Jul 2024, 05:30 WIB
Persebaya Surabaya - Ilustrasi Persebaya juara Liga Indonesia 1997 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Surabaya - Bek asing Slavko Damjanovic antusias menatap musim 2024/2025 dengan membela Persebaya Surabaya. Dia akan menjalani musim perdana di Indonesia setelah sebelumnya berkarier di India.

Slavko merupakan bek asal Montenegro yang lebih banyak menghabiskan kariernya di negara asalnya. Namun, dia sudah berpengalaman di Asia dengan berkarier di India selama beberapa musim terakhir.

Advertisement

Dia tercatat pernah membela Chennaiyin (2021-2022), ATK Mohun Bagan (2023), dan Bengaluru (2023-2024). Prestasi terbaiknya adalah membaea Mohun Bagan menjuarai Indian Super League 2022-2023.

"Saya senang tiba di Surabaya. Ini baru kali pertama saya ke Indonesia, Bali pun belum pernah. Soal cuaca tidak masalah, cuaca di India di mana saya bermain di sana selama dua musim, juga mirip di sini," ungkapnya.

Slavko sendiri baru tiba di Surabaya pada Jumat (5/7/2024), dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak pada sore harinya. Setekah itu, dia menjalani proses pengambilan gambar untuk perkenalan.

 

2 dari 4 halaman

Medical Check Up

Memasuki Sabtu (6/7/2024) dia menjalani medical check up dan kemudian dia diperkenalkan sebagai pemain asing baru oleh pihak klub. Di hari yang sama, dia bergabung latihan tim di Lapangan THOR,

Namun, Slavko tidak ikut bersama rekan-rekannya yang melakoni uji coba kontra tim PON Jawa Timur. Dia masih perlu waktu untuk memulihkan kondisi lebih dulu.

Pemain dengan tinggi 189 cm itu hanya berlatih ringan dipinggir lapangan. Terlalu memaksakan jika Slavko ikut uji coba dalam kondisinya belum siap. Selain Slavko, tiga pemain lain juga menjalani latihan terpisah.

Kadek Raditya, Flavio Silva, dan Gilson Costa, menjalani menu latihan khusus. Ketiganya mengalami sedikit masalah pada kakinya.

Tidak parah, namun perlu menu latihan tersendiri untuk mempercepat kondisi mereka kembali seratus persen.

 

3 dari 4 halaman

TC Dengan Pemain Lengkap

Dengan bergabungnya Slavko, maka Persebaya bisa menjalani pemusatan latihan yang rencananya akan diselenggarakan di Yogyakarta mulai 14 Juli 2024 mendatang dengan skuad lengkap.

Di sana, rencananya akan diselenggarakan uji coba. Ini pun jadi kesempatan Slavko merasakan atmosfer beberapa laga pemanasan sebelum Liga 1 dimulai pada Agustus nanti.

"Saya sudah berbicara dengan Slavko. Saya yakin ia akan beradaptasi dengan cepat di sini," ujar Paul Munster, pelatih Persebaya.

 

4 dari 4 halaman

Total 6 Pemain Asing

Liga 1 - Ilustrasi Logo Persebaya Surabaya BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Jumlah pemain asing Persebaya kini jadi enam. Sebelum Slavko, Persebaya lebih dulu memperkenalkan Flavio Silva, Bruno Moreira, Francisco Rivera, Gilson Costa, dan Mohammed Rashid.

Dari lima pemain asing itu, tak ada satu pun yang berposisi sebagai pemain belakang. Flavio adalah striker, sedangkan Bruno merupakan winger kiri. Tiga nama lainnya berposisi sebagai gelandang.

Sesuai rencana, klub berjulukan Bajul Ijo itu akan merekrut enam pemain asing dulu, meski regulasi Liga 1 membolehkan mendatangkan delapan nama impor.