Liga Inggris: Dilepas Liverpool, Thiago Alcantara Pilih Gantung Sepatu

oleh Rizki Hidayat diperbarui 08 Jul 2024, 06:48 WIB
Mantan gelandang Liverpool, Thiago Alcantara, memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun sebagai pemain di sia 33 tahun pada hari Minggu (07/07/2024). (Paul ELLIS / AFP)

Bola.com, Jakarta - Thiago Alcantara resmi dilepas Liverpool pada musim panas tahun ini. Setelah angkat kaki dari The Reds, Thiago justru memilih untuk gantung sepatu.

Thiago resmi bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2020. Dia digaet dari Bayern Munchen dengan nilai transfer yang mencapai 20 juta poundsterling.

Advertisement

Selama berseragam Liverpool, eks pemain Barcelona tersebut kesulitan memperlihatkan permainan terbaiknya. Situasi tersebut tak lepas dari badai cedera yang kerap menghantam, termasuk cedera pinggul dan hamstring yang membuatnya absen selama 398 hari.

Alhasil, Thiago Alcantara hanya tampil dalam 98 pertandingan, mencetak tiga gol, dan enam assist selama tiga musim berseragam Liverpool.

Meski begitu, Thiago tetap memiliki peran penting ketika dimainkan. Pemain berdarah asli Brasil tersebut turut membantu Liverpool meraih trofi Piala FA dan juga Community Shield.

 

2 dari 5 halaman

Masih Laku

Gelandang Liverpool, Thiago Alcantara (kanan) berebut boa dengan striker Brighton and Hove Albion, Danny Welbeck pada laga Liga Inggris 2022/2023 di Amex Community Stadium, Brighton (14/1/2023). Thiago Alcantara didatangkan Liverpool pada awal musim 2020/2021 dari Bayern Munchen dengan nilai transfer sebesar 22 juta euro atau kini setara Rp358 miliar dan masih bertahan hingga kini. (AFP/Glyn Kirk)

Thiago Alcantara memang kerap cedera. Namun gelandang berusia 33 tahun itu dikabarkan masih diincar sejumlah klub Eropa.

Kabarnya ada dua klub yang mengincarnya di Italia. Rurmornya tim-tim itu adalah Juventus dan Inter Milan.

Ada juga kabar ketertarikan dari La Liga. Thiago Alcantara disebut ingin dipulangkan mantan timnya, Barcelona.

 

3 dari 5 halaman

Putuskan Pensiun

Thiago Alcantara. Pemain asal Spanyol yang kini memasuki musim ke-2 bersama Liverpool ini baru tampil 14 kali di semua ajang musim ini dengan torehan 2 gol dan 1 assist. Ia rentan cedera di daerah betis, dan yang terbaru dirinya terkena COVID-19 sehingga harus absen beberapa laga. (AFP/Paul Ellis)

Meski masih laris manis, kabar mengejutkan datang dari Thiago Alcantara. Sang pemain dilaporkan telah memutuskan untuk pensiun.

Kabar tersebut disampaikan Fabrizio Romano. Pakar transfer Eropa itu mengatakan Thiago akan pensiun sebagai pemain, tetapi kemungkinan masih akan tetap berkecimpung di dunia sepak bola.

"Eksklusif: Thiago Alcantara memutuskan pensiun dari sepak bola profesional. Mantan pemain Barca, Bayern, Liverpool, dan Timnas Spanyol telah membuat keputusannya," tulis Romano di akun X pribadinya.

"Gairah dan kecintaan Thiago terhadap sepak bola terus berlanjut saat dia bersiap untuk babak baru dalam sepak bola setelah beberapa bulan merencanakannya."

Sumber: Fabrizio Romano

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya/Published: 08/07/2024)

4 dari 5 halaman

Posisi Akhir Musim Lalu

Berita Terkait