Kandas di Copa America 2024, Timnas Brasil Kini Alihkan Fokus Raih Tiket ke Piala Dunia 2026

oleh Rizki Hidayat diperbarui 08 Jul 2024, 07:45 WIB
Ekspresi kecewa sejumlah pemain Brasil setelah kalah dari Uruguay pada babak perempat final Copa America 2024 di Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada, Minggu (07/07/2024) WIB. (AP Photo/Julio Cortez)

Bola.com, Las Vegas - Perjalanan Timnas Brasil di Copa America 2024 harus kandas setelah takluk dari Uruguay pada perempat final. Kini, A Selecao mengalihkan fokusnya untuk meraih tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Brasil bentrok dengan Uruguay di Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada, Minggu (7/7/2024) pagi WIB. Tim Samba tampil menyerang sejak bola digulirkan.

Advertisement

Timnas Brasil mencatatkan 60 persen penguasaan bola, berbanding 40 persen milik Uruguay. A Selecao juga memperoleh tiga peluang bagus dari tujuh kesempatan.

Di sisi lain, Timnas Uruguay melepaskan satu tembakan tepat sasaran, dari 12 kesempatan. Pada laga ini, Uruguay juga harus bermain dengan 10 orang setelah Nahitan Nandez diganjar kartu merah pada menit ke-74.

Sayangnya sampai duel berakhir, tidak ada satu pun gol yang tercipta. Alhasil, skor 0-0 membuat penentuan pemenang laga Timnas Brasil versus Timnas Uruguay harus dilakukan lewat adu penalti

 

2 dari 5 halaman

Kalah Adu Penalti

Pemain Brasil, Douglas Luiz gagal (kanan) mencetak gol ke gawang Uruguay pada babak adu penalti laga perempat final Copa America 2024 di Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada, Minggu (07/07/2024) WIB. (AFP/Frederix J. Brown)

Pada babak tos-tosan, Timnas Brasil keok 2-4 dari Timnas Uruguay. Dari empat eksekutor Timnas Brasil, hanya Andreas Pereira dan Gabriel Martinelli yang sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, eksekusi Eder Militao digagalkan kiper dan tendangan 12 pas Douglas Luiz menerpa mistar gawang.

Di sisi lain, dari lima penendang penalti Uruguay, hanya Jose Gimenez yang gagal. Adapun Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, Giorgian de Arrascaeta, dan Manuel Ugarte sukses mencetak gol.

Hasil tersebut membuat Timnas Uruguay melenggang ke semifinal Copa America 2024 dan akan bersua Kolombia di Bank of America Stadium, Charlotte, North Carolina, 11 Juli mendatang.

 

3 dari 5 halaman

Bertanggung Jawab

Pelatih Brasil, Dorival Junior dan pemain Brasil, Marquinhos tertunduk setelah timnya disingkirkan Uruguay pada babak adu penalti saat laga perempat final Copa America 2024 di Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada, Minggu (07/07/2024) WIB. (AP Photo/Julio Cortez)

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior, mengaku bertanggung jawab penuh atas kegagalan timnya di Copa America 2024. Dorival meyakini skuad Brasil saat ini masih memiliki banyak ruang untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.

"Pekerjaan seperti ini membutuhkan banyak kesabaran. Saya harus mengakui ini bukanlah hasil yang diharapkan, dan saya mengambil tanggung jawab penuh atas hasil tersebut," ucap Dorival Junior.

"Namun saya juga berpikir bahwa tim ini memiliki ruang besar untuk tumbuh, berevolusi, dan berkembang," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ekspresi kecewa pemain Brasil, Gabriel Martinelli setelah timnya disingkirkan Uruguay pada babak adu penalti saat laga perempat final Copa America 2024 di Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada, Minggu (07/07/2024) WIB. (AFP/Kevork Djansezian)

Kandas di Copa America 2024, Timnas Brasil kini mengalihkan fokus ke kualifikasi Piala Dunia 2026. Terdekat, mereka akan bentrok dengan Ekuador pada laga lanjutan kualifikasi zona CONMEBOL, 5 September mendatang.

Saat ini, A Selecao masih terdampar di peringkat enam klasemen sementara kualifikasi dengan nilai tujuh. Tertinggal delapan poin dari Timnas Argentina yang berada di posisi teratas.

"Ini adalah sebuah proses; secara umum, Anda akan menemui kesulitan saat membentuk tim. Ini adalah turnamen resmi pertama kami, dan hasilnya jauh dari apa yang diharapkan. Tujuan utama kami sekarang adalah lolos ke Piala Dunia," kata Dorival.

Sumber: ESPN

5 dari 5 halaman

Berita Terkait