BRI Liga 1: Paul Munster Sudah 2 Kali Coba Rekrut Ardi Idrus, Baru Musim Ini Gabung Persebaya

oleh Aditya Wany diperbarui 08 Jul 2024, 12:41 WIB
Ardi Idrus diperkenalkan sebagai pemain baru Persebaya Surabaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Paul Munster membagikan cerita dibalik keputusannya merekrut Ardi Idrus bergabung ke Persebaya Surabaya. Dia mengaku sudah dua kali mencoba merekrut bek berusia 31 tahun tersebut.

“Saya sudah mengenal Ardi sejak lama. Saya sudah mencoba dua kali merekrutnya, dan baru sekarang dia datang. Kehadirannya membuat tim menjadi bagus,” ungkap Paul Munster.

Advertisement

Pelatih berusia 42 tahun tersebut tercatat baru menangani Persebaya Surabaya sejak Januari 2024, saat bursa transfer Liga 1 musim lalu ditutup. Kemungkinan, upaya perekrutan Ardi Idrus yang dimaksudnya adalah saat Munster menjadi pelatih Bhayangkara FC.

Dia tercatat menangani Bhayangkara pada 2019-2022. Adapun Ardi Idrus membela Persib Bandung pada 2018-2022. Pada momen itulah kemungkinan Paul Munster ingin mendatangkan Ardi ke Bhayangkara FC.

 

2 dari 5 halaman

Pemain Berpengalaman

Bek sayap Bali United Ardi Idrus usai sesi latihan di Lapangan Gelora Trisakti, Legian. (Maheswara Putra/Bola.com)

Ardi Idrus merupakan pemain yang kenyang pengalaman di Indonesia. Dia sempat membela sejumlah klub kasta bawah macam PSPS Pekanbaru, Persitara Jakarta Utara, Persiram Raja Ampat, hingga Kalteng Putra.

Bek asal Tidore itu tercatat pernah berseragam PSS Sleman di Liga 1 2017. Namun, semusim kemudian direkrut Persib Bandung yang berada di bawah arahan pelatih Mario Gomez. Dari situlah namanya beredar sebagai bek apik di Liga 1.

Pada 2022, Ardi memutuskan hengkang ke Bali United yang baru saja menjuarai Liga 1 2021/2022. Setelah dua musim, bek berusia 31 tahun itu akhirnya memilih bergabung Persebaya Surabaya dengan status pinjaman dari Tim Serdadu Tridatu.

 

3 dari 5 halaman

Pemain yang Cepat dan Lincah

Pemain muda Persita Tangerang, Fairuz Ohorella mencoba melewati bek sayap Bali United, Ardi Idrus dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (7/3/2023). (Dok. Persita Tangerang)

Dia dikenal memiliki kecepatan dan kelincahan mengisi posisi bek kiri. Namun dalam beberapa kesempatan, Ardi juga piawai dimainkan sebagai bek kanan. Hal ini jadi catatan positif karena ada dua opsi posisi yang bisa dimainkannya.

“Ardi pemain yang bagus, orang yang baik. Senang dengan kehadirannya karena dia bisa bermain di dua posisi. Ardi bagus untuk menambah kekuatan pertahanan kami,” ungkap Munster.

 

4 dari 5 halaman

Masih Incar Satu Bek Sayap

Madura United yang tak mau tampil mengecewakan terus menerus menekan Persib Bandung. Saling tarik baju antara Ardi Idrus dan David Laly pun tak terelakkan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di Persebaya Surabaya, Ardi bisa dimainkan sebagai bek kanan, menggantikan Catur Pamungkas yang secara reguler mengisi posisi itu musim lalu. Dia juga bisa ditempatkan sebagai bek kiri setelah Bajul Ijo ditinggal Reva Adi Utama.

Selain Ardi dan Catur, Persebaya juga masih punya Mikael Tata yang berposisi sebagai bek kiri. Kemungkinan tim asal Kota Pahlawan itu masih akan merekrut satu bek sayap lagi demi menambah stok lini belakang.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait