Mengenal Eusebio Di Francesco, Pelatih Berpengalaman yang Akan Menukangi Jay Idzes dkk di Serie A 2024 / 2025

oleh Hery Kurniawan diperbarui 08 Jul 2024, 13:15 WIB
Venezia menunjuk Eusebio di Francesco untuk memimpin skuad mereka di Serie A 2024/2025. (Dok. Venezia)

Bola.com, Jakarta - Venezia baru-baru ini mengumumkan kehadiran pelatih baru. Tim yang dijuluki I Lagunari tersebut menunjuk pelatih berpengalaman Eusebio Di Francesco sebagai allenatore.

Francesco mengisi posisi yang ditinggalkan Paolo Vanoli. Torino menggaet Vanoli dari Venezia setelah mengantarkan klub itu mendapatkan tiket promosi ke Serie A 2024/2025.

Advertisement

Eusebio Di Francesco pun antusias dengan pekerjaan baru yang akan segera dilakukan. Pelatih asal Italia itu bahkan siap menjalin hubungan yang baik dengan semua unsur di Venezia.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Duncan Niederauer, Direktur Olahraga Antonelli, dan Kepala Area Teknis Molinaro, yang telah beberapa kali saya temui dan saya hargai nilai kemanusiaan mereka," ujar Di Francesco dilansir dari situs resmi klub.

"Dalam beberapa tahun terakhir, saya pikir saya telah membuat pilihan yang terutama didasarkan pada nilai orang dan kemudian pada nilai tim. Dengan para penggemar, saya ingin membangun hubungan yang dekat, tulus, dan loyal," sambung Di Francesco.

2 dari 6 halaman

Berpengalaman

Eusebio Di Francesco yang pensiun pada Juli 2005 bersama Perugia tercatat pernah berseragam AS Roma selama 4 musim mulai 1997/1998 hingga 2000/2001. Ia total tampil dalam 129 laga bersama AS Roma di semua kompetisi dengan torehan 16 gol dan 8 assist, dan sukses mempersembahkan satu gelar Scudetto pada musim 2000/2001. Pada awal musim 2017/2018 ia ditunjuk menjadi pelatih AS Roma menggantikan Luciano Spalletti. Bertahan hingga Maret 2019, prestasi terbaiknya adalah membawa AS Roma lolos ke semifinal Liga Champions 2017/2018. (AFP/Tiziana Fabi)

Eusebio Di Francesco adalah sosok pelatih berpengalaman. Pria berusia 54 tahun itu sudah malang melintang di sepak bola Italia.

Termasuk Venezia, Eusebio Di Francesco sudah melatih sembilan klub berbeda. Menariknya, semua klub itu berasal dari Italia.

Karier Eusebio Di Francesco dimulai di Pescara U-19 pada 2009. Setahun kemudian, ia naik ke tim senior, dan selepas itu kariernya terus berkembang.

3 dari 6 halaman

Musim Terbaik

Pelatih AS Roma, Eusebio Di Francesco melihat para pemainnya berlatih jelang bertanding melawan Barcelona pada leg kedua babak perempat final Liga Champions di Trigoria di pinggiran kota Roma, Italia (9/4). (AFP Photo/Andreas Solaro)

Karier terbaik Eusebio Di Francesco bisa dikatakan terjadi saat melatih AS Roma. Terutama pencapaian I Lupi pada musim 2017/2018.

Saat itu, Roma asuhan Eusebio Di Francesco mampu melaju hingga semifinal Liga Champions. Penampilan mereka pada leg kedua perempat final tak akan pernah dilupakan.

Saat itu, AS Roma menang 4-0 atas Barcelona untuk melakukan comeback yang luar biasa. Sebab, pada leg pertama Kostas Manolas dan kolega kalah 1-4 dari Barca.

4 dari 6 halaman

Kesempatan Idzes

Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes (kiri) menjalani sesi latihan bersama Venezia, Minggu (7/7/2024) menyambut Serie A 2024/2025. (Instagram/veneziafc)

Kehadiran Eusebio Di Francesco di Venezia tentu menjadi berkah tersendiri bagi Jay Idzes. Bek tengah itu bisa merasakan dilatih pelatih berpengalaman dari Italia.

Baru-baru ini bang Jay sudah kembali ke skuad Venezia. Mereka sudah memulai sesi pramusim untuk menyambut Serie A 2024/2025. 

5 dari 6 halaman

Posisi Akhir Musim Lalu:

Berita Terkait