Jalani Musim Keempat, Kapten PSS Sleman Kim Kurniawan Usung Misi Pribadi di Liga 1 2024/2025

oleh Ana Dewi diperbarui 09 Jul 2024, 20:58 WIB
Kapten PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan. (Bola.com/Ana Dewi)

Bola.com, Sleman - Kim Jeffrey Kurniawan masih berseragam PSS Sleman pada BRI Liga 1 2024/2025. Gelandang sekaligus kapten PSS tersebut bakal menjalani musim keempatnya bersama Tim Super Elang Jawa.

Gelandang berdarah Jerman-Indonesia itu didatangkan PSS Sleman pada 1 Maret 2021. Kim Jeffrey menjadi satu di antara pemain andalan di lini tengah Tim Elang Jawa. Posisinya hampir tak tergantikan dengan mencatat 7.889 menit bermain.

Advertisement

Secara keseluruhan, pemain berusia 34 tahun itu mengepak 98 penampilan bersama PSS. Kim Jeffrey Kurniawan juga membukukan 10 gol dan lima assist.

Tidak hanya andal melakukan umpan satu dua sentuhan, Kim Jeffrey Kurniawan dikenal piawai dalam memberikan umpan-umpan kunci terukur. Pada BRI Liga 1 2023/2024, dia bermain dalam 30 pertandingan dan mencetak satu gol plus assist untuk PSS Sleman.

 

2 dari 6 halaman

Target Tembus 10 Besar

Pemain PS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan saat melawan Persik Kediri dalam pertandingan Babak Penyisihan Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Kamis (1/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Tetap berkostum PSS, Kim Jeffrey Kurniawan tertantang untuk memberikan penampilan terbaik dan berkontribusi buat Tim Elang Jawa. Dia memiliki target pribadi membawa timnya menembus 10 besar klasemen Liga 1 musim depan.

"Tentu untuk mencapai target tersebut harus dibarengi kerja keras karena sedikit banyak ada perombakan dalam tim. Mudah-mudahan cepat ketemu chemistry dan permainannya," ujar Kim Jeffrey Kurniawan.

"Dengan begitu PSS Sleman bisa lebih baik, tidak hanya dari klasemen tapi juga dari permainannya bisa berkembang ketimbang musim lalu," sambung mantan pemain Persib Bandung itu.

 

3 dari 6 halaman

Sulit Bersaing

Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan (kanan) berebut bola dengan bek Madura United, Rendika Rama dalam laga Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (23/3/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dalam tiga musim terakhir, PSS Sleman selalu berada di papan bawah klasemen. Bahkan, andai BRI Liga 1 2022/2023 diberlakukan degradasi, mereka sudah pasti terlempar dari kasta tertinggi sepak bola Tanah Air.

Pada musim itu, Laskar Sembada hanya mampu finis di posisi ke-16 atau batas zona merah dengan 34 poin. Sementara itu pada musim 2021/2022, PSS Sleman memungkasi kompetisi di urutan ke-13 dengan torehan 39 angka.

Sementara itu, di BRI Liga 1 2023/2024, Tim Elang Jawa bercokol di peringkat ke-13. Tim yang ketika itu dibesut Risto Vidakovic tersebut mengumpulkan 39 angka dari 34 laga. Dalam hal produktivitas gol, PSS mencetak 49 gol dan kebobolan 53 kali.

 

4 dari 6 halaman

Tekad Kuat Kim Kurniawan

Kim Jeffrey Kurniawan menyadari perjalanan kariernya bersama PSS Sleman tidak berjalan mulus. Bapak dua anak itu mengaku kurang puas dengan hasil yang didapat pada setiap musim.

“Bisa dibilang tiga musim sebelumnya kurang memuaskan bagi saya untuk tim sebesar PSS dengan peringkat di klasemen kurang baik. Pada musim ini, ada target pribadi saya untuk memaksimalkan potensi di PSS agar bisa lebih baik,” katanya.

“Ini menjadi tantangan bagi saya untuk meningkatkan performa tim dan semoga bisa tercapai. Sebaik mungkin saya membantu PSS, baik di dalam atau di luar lapangan untuk semua pemain. Semoga musim ini bisa finis lebih bagus daripada musim-musim sebelumnya,” harap Kim Kurniawan.

5 dari 6 halaman

Simak Posisi Akhir Musim Lalu:

Berita Terkait