BRI Liga 1: PSS Kental Aroma Brasil, Danilo Alves Antusias Jalani Musim Perdana di Indonesia

oleh Ana Dewi diperbarui 08 Jul 2024, 15:30 WIB
Penyerang anyar PSS Sleman, Danilo Alves (kiri). (Dok PSS Sleman)

Bola.com, Sleman - PSS Sleman kental beraroma Brasil pada BRI Liga 1 2024/2025. Mulai dari pelatih hingga pemain asing mayoritas berasal dari Negeri Samba.

Hanya Moon Chang-jin amunisi impor yang berkebangsaan Korea Selatan. Sisanya: Danilo Alves berposisi penyerang, Betinho Filho (gelandang), Alan Bernardon (kiper), dan Gustavo Tocantins (striker) didatangkan dari Brasil.

Advertisement

Menariknya, tiga penggawa Brasil di PSS Sleman musim depan merupakan debutan di Liga Indonesia. Sementara itu, nama terakhir yang disebut di atas pada musim lalu membela Barito Putera.

Aroma Samba akan semakin kuat di Tim Elang Jawa menyusul bergabungnya mantan bek Madura United, Cleberson. Kedatangan pemain berusia 31 tahun itu sudah dikonfirmasi Presdir PSS Sleman, Gusti Randa. Namun, sang pemain sampai saat ini belum diumumkan secara resmi.

 

2 dari 6 halaman

Jajaran Pelatih juga Brasil

Pelatih anyar PSS Sleman, Wagner Lopes saat memimpin latihan tim di Lapangan Pakembinangun, Sleman. (Bola.com/Ana Dewi)

Bukan hanya pemain, staf pelatih juga didominasi Brasil. Pelatih kepala PSS Sleman yakni Wagner Lopes berpaspor Jepang-Brasil. Kemudian ada William Schmidt yang merupakan pelatih fisik, Andre Croda Borges (pelatih kiper), dan Antonio Gabriel Silva Silvera (analis).

Selain itu, PSS Sleman juga merekrut penerjemah bahasa bernama Claudio Luzardi. Koneksi Brasil diharapkan mampu membawa Tim Super Elang Jawa terbang tinggi. Maklum, musim lalu mereka cuma mampu finis di peringkat ke-13 dengan torehan 39 poin.

Kehadiran tim pelatih dari Brasil menjadi alasan kuat Danilo Alves menerima pinangan PSS Sleman. Striker yang musim lalu memperkuat klub Thai League 1, Chonburi FC itu menjadi pemain terbaru yang digaet Laskar Sembada.

“Ini hal yang membuat senang karena selama berkarier di Asia, saya tidak bekerja dengan pelatih Brasil. Saya yakin ini akan menjadi musim yang luar biasa bagi saya dan PSS,” ungkap Danilo Alves.

3 dari 6 halaman

Target Pribadi

Striker anyar PSS Sleman, Danilo Alves. (Bola.com/Dok PSS Sleman)

Tidak hanya bertekad membawa PSS Sleman bersaing di papan atas, Danilo Alves juga memiliki target pribadi. Pemain berusia 33 tahun itu ingin menjadi pencetak gol terbanyak di Liga 1.

“Saya datang dengan impian dan tujuan menjalani musim yang luar biasa bersama PSS. Memenuhi target manajemen, mencetak banyak gol jika ada kesempatan siapa tahu menjadi top skor di liga," katanya.

"Semoga PSS sukses pada musim ini mencapai tujuan bersama. Yang pasti saya sangat senang menjadi bagian dari tim ini. Manajemen menawarkan kerjasama yang bagus dengan target yang ingin dicapai untuk menjalani kompetisi mendatang,” lanjut Danilo Alves.

 

4 dari 6 halaman

Update Transfer PSS Sleman

Penjaga gawang PSS Sleman asal Brasil, Alan Bernardon. (dok. PSS Sleman)

PSS Sleman kini sudah mendatangkan sembilan pemain jelang bergulirnya Liga 1. Selain Danilo Alves, adapula Alan Bernardon, Gilang Oktavana, Paulo Sitanggang, Fachruddin Aryanto, Moon Chang-jin, Betinho, Ega Rizky, dan Gustavo Tocantins.

Sementara itu, beberapa wajah lama yang dipertahankan antara lain Irkham Zahrul Mila, Kim Jeffrey Kurniawan, Wahyudi Hamisi, Hokky Caraka, Abduh Lestaluhu, hingga Kevin Gomes.

Skuad Laskar Sembada diharapkan sudah lengkap sebelum 9 Juli. Atau tepat sebulan jelang kick-off Liga 1 2024/2025 yang rencananya bergulir 9 Agustus 2024.

5 dari 6 halaman

Posisi Akhir Musim Lalu:

Berita Terkait