Termasuk Wak Haji Ragnar, Ini 3 Pemain Abroad Timnas Indonesia yang Nasibnya Masih Terombang-ambing Tanpa Klub

oleh Radifa Arsa diperbarui 09 Jul 2024, 08:45 WIB
Timnas Indonesia - Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Marselino Ferdinan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain abroad Timnas Indonesia nasibnya terkatung-katung karena berstatus tanpa klub. Setelah kontraknya berakhir, mereka tak kunjung mendapatkan pelabuhan baru untuk musim 2024/2025.

Yang terbaru, bek Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, dipastikan bergabung dengan sesi latihan perdana Swansea City. Itu menjadi pertanda pemain berusia 22 tahun itu tak akan kembali dipinjamkan.

Advertisement

Pada saat Nathan sudah mendapatkan kepastian, masih ada beberapa amunisi Timnas Indonesia yang nasibnya terombang-ambing tanpa kejelasan. Mereka masih belum mendapatkan klub baru sampai detik ini.

Rumor memang sudah mulai berkembang, tetapi kepastian tak kunjung datang. Tiga pemain abroad Timnas Indonesia ini hingga kini tengah berjuang untuk mendapatkan klub baru. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Thom Haye

Pemain Timnas Indonesia, Thom Haye (tengah) berebut bola dengan dua pemain Irak, Ahmed Yahya (kiri) dan Amir Al-Ammari pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Berakhirnya kontrak Thom Haye bersama SC Heerenveen pada akhir musim 2023/2024 membuatnya harus angkat kaki. Thom harus mencari pelabuhan baru untuk musim depan.

Seiring dengan kedaluwarsanya kontrak itu, kini pemain berusia 29 tahun itu berstatus free agent alias tanpa klub. Sejauh ini, gelandang Timnas Indonesia itu belum juga mencapai kesepakatan bersama klub baru.

Sebelumnya, dia sempat digadang-gadang bergabung dengan FC Como yang baru saja promosi. Namun rumor ini telah terbantahkan. Isu pun mulai berkembang, termasuk yang menyebut Haye akan bermain di luar Negeri Kincir Angin.

 

3 dari 5 halaman

Ragnar Oratmangoen

Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen (kanan) berusaha mengontrol bola di depan pemain Irak, Rebin Sulaka pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas Indonesia menghadapi Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nasib winger Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, sampai saat ini belum menghasilkan kejelasan. Pemain berusia 26 tahun itu kabarnya harus mencari klub baru untuk menghadapi musim 2024/2025.

Sebab, FC Groningen berniat melepas Ragnar Oratmangoen pada bursa transfer ini. Sebelumnya, mereka sempat meminjamkan Ragnar ke Fortuna Sittard saat FC Groningen bermain di kasta kedua.

Status itu membuat nasib Ragnar terkatung-katung. Sampai saat ini, belum ada kejelasan soal masa depannya. Bukan tidak mungkin, dia akan mencari pelabuhan baru karena tak masuk rencana FC Groningen untuk musim depan.

 

4 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (kiri) melepaskan tendangan di antara dua pemain Vietnam, Nguyen Thai Son (tengah) dan Phan Tuan Tai pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pemain terakhir yang sampai saat ini masih terombang-ambing tanpa klub ialah Marselino Ferdinan. Gelandang berusia 19 tahun itu statusnya free agent setelah kontraknya bersama KMSK Deinze tak diperpanjang.

Marselino telah mengakhiri masa kerjanya pada 1 Juli 2024 sejak bergabung dengan KMSK Deinze pada medio Januari 2023. Sampai saat ini, belum jelas ke mana pemain kelahiran Jakarta tersebut akan berlabuh.

Jika mengacu rumor yang terbaru, gelandang andalan Shin Tae-yong itu akan berlabuh bersama klub kasta kedua Liga Inggris, Oxford United. Sebagai informasi, klub ini dimiliki oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait