VIDEO: Nyobain Kereta Gantung Schwebebahn, Menikmati Keindahan Kota Wuppertal

oleh Bayu Kurniawan Santoso diperbarui 10 Jul 2024, 18:20 WIB

Bola.com, Wuppertal - Sudah berada di Wuppertal lebih dari satu pekan, kurang rasanya jika tidak berkeliling kota tempat Bola.com menetap. Yang unik dari kota ini, ada kereta yang relnya bergantung.

Transportasi unik itu bernama Schwebebahn, atau kereta rel suspensi. Rel terletak di atas kereta yang membuat moda transportasi yang satu ini seakan tergantung di udara.

Advertisement

Dengan tiket seharga 3,40 Euro, atau sekitar Rp59 ribu, kereta ini bisa membawa penumpang melintasi kota Wuppertal, mulai dari Oberbarben yang ada di paling timur kota, hingga ke Vohwinkel yang ada di barat.

Bola.com pun mencoba naik Schwebebahn, yang terdiri dari dua gerbong, untuk merasakan sensasinya. Untuk percobaan pertama saya mencoba naik di gerbong kedua dan duduk di bagian paling belakang.

Pemandangan sangat indah di bagian belakang karena Schwebebahn memiliki rel bagian atas yang mengikuti alur Sungai Wupper.

Apa yang terlihat di belakang benar-benar menarik. Hanya saja karena menggunakan tumpuan atas, kereta yang hanya beroperasi di Wuppertal ini seperti menggantung dan terasa goyangannya ketika berjalan.

Jalur Schwebebahn terletak sepanjang hampir 14 kilometer dari timur ke barat Wuppertal, dari Oberbarmen hingga Vohwinkel di kecil di daerah administrasi Dusseldorf tersebut.

Sebagian besar jalurnya, yaitu sekitar 10 kilometer, berada di atas Sungai Wupper yang terletak antara Oberbarmen hingga Sonnborner Strasse. Sementara 3,3 kilometer sisanya berada di jalur lembah antara Sonnborner Strasse dan Vohwinkel.

Secara keseluruhan, kereta ini mirip seperti MRT yang berada di Indonesia. Namun, yang membedakan adalah kereta Schwebebahn berjalan dengan posisi rel terbalik alias tergantung.