Fakta Mengesankan Timnas Inggris dari Fase Grup sampai Semifinal Euro 2024: Saatnya Bayar Kegagalan di Final!

oleh Aryo Atmaja diperbarui 12 Jul 2024, 19:00 WIB
Reaksi para pemain Inggris usai pertandingan sepak bola Euro 2024 Grup C melawan Serbia di Arena AufSchalke di Gelsenkirchen pada 16 Juni 2024. (KENZO TRIBOUILLARD/AFP)

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris melenggang ke partai final Euro 2024. The Three Lions akan menantang Spanyol dalam laga puncak di Stadion Olimpiade Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Inggris melaju ke final Euro 2024 setelah mengandaskan perlawanan Belanda di semifinal. Inggris menang 2-1 meski kecolongan terlebih dahulu, beruntung Ollie Watkins menjadi pahlawan kemenangan.

Advertisement

Bagi Inggris, final Euro 2024 merupakan kesempatan kedua setelah edisi sebelumnya juga menapaki fase serupa. Ya, Tiga Singa di bawah kendali Gareth Southgate adalah finalis Euro 2020 yang harus menyerah dari Italia di final.

Timnas Inggris tak perlu khawatir untuk meladeni Spanyol di laga final nanti. Sebab mereka punya beberapa fakta mengesankan untuk menjadi modalnya. Yuk simak ulasan yang dihimpun Bola.com berikut ini.

2 dari 5 halaman

Mental Baja

Gelandang Timnas Inggris, Jude Bellingham (kedua kanan) mencetak gol penyeimbang 1-1 ke gawang Timnas Slovakia lewat tendangan akrobatik pada laga babak 16 besar Euro 2024 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Minggu (30/6/2024). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Timnas Inggris memang cukup superior saat fase grup. Mereka menguasai Grup C dengan nilai 5, hasil satu kemenangan atas Serbia dan dua kali imbang melawan Denmark dan Slovenia.

Tapi saat memasuki fase grup, Inggris membuktikan diri sebagai tim dengan mental baja. Mereka selalu mencetak gol setelah kebobolan. Yakni comeback 2-1 atas Slovakia, gol penyama skor 1-1 melawan Swiss dan berujung kemenangan adu penalti 5-3.

Diakhir dengan kemenangan dramatis dengan kembali mencatat comeback atas Belanda 2-1 di semifinal untuk kemudian maju ke final.

3 dari 5 halaman

Kedalaman Skuad

Ekspresi striker Inggris, Ollie Watkins usai menjebol gawang Belanda di semifinal Euro 2024, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. (OZAN KOSE / AFP)

Inggris di bawah naungan pelatih Gareth Southgate memiliki kedalaman skuad yang mumpuni. Sebagian besar diisi pemain dengan nama besar dan banyak pengalaman.

Siapa tidak mengenal Harry Kane, Phil Foden, Bukayo Saka, Jude Bellingham, Kyle Walker, hingga Jordan Pickford. Namun mereka juga masih punya sederet pemain pelapis yang tak kalah apik.

Ada Ivan Toney, Trent Alexander-Arnold, Conor Gallagher, Anthony Gordon, Cole Palmer hingga Ollie Watkins yang menjadi pahlawan kemenangan Inggris atas Belanda dalam merebut tiket ke final.

4 dari 5 halaman

Master Class Gareth Southgate

Hasil ini membuat Gareth Southgate sukses membawa Timnas Inggris ke partai final sekaligus membungkam fans yang ragu dan suka mengkrtiknya sebagai pelatih yang minin taktik. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Gareth Southgate membuktikan diri sebagai pelatih yang tepat memimpin Inggris. Meski sering dikritik soal taktik, nyatanya The Three Lions kembali dibawanya ke partai puncak Piala Eropa.

Inggris dibawanya ke final Euro edisi 2020, meski sayangnya kalah dari Italia. Southgate juga sempat membawa Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018 dan perempat final Piala Dunia 2022.

Fakta terbaru kecerdikannya adalah strategi pergantian pemain dengan memasukkan Cole Palmer dan Ollie Watkins pada babak kedua versus Belanda. Kedua pemain itu menjadi kreator atas gol kunci kemenangan.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait