Mulai Terbentuk Chemistry, Pemain Asing dan Lokal Persebaya Semakin Kompak

oleh Aditya Wany diperbarui 13 Jul 2024, 15:37 WIB
Gelandang anyar Persebaya Surabaya, Mohammed Rashid (tengah), melakukan selebrasi gol bersama Riswan Lauhin (kiri) dan Flavio Silva (kanan) saat menghadapi Persibo Bojonegoro dalam laga bertajuk bertajuk Anniversary Game, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (29/6/2024) malam WIB. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Jakarta - Kehadiran sejumlah pemain asing dan rekrutan baru membuat Persebaya Surabaya memerlukan waktu untuk menyatu. Namun, mereka sudah mulai menunjukkan kekompakan.

Seperti diketahui, ada lima pemain asing baru dari enam yang sudah dimiliki Persebaya Surabaya. Pemain lawas yang tidak perlu adaptasi adalah winger asal Brasil, Bruno Moreira, yang bahkan didapuk sebagai kapten musim ini.

Advertisement

Lima pemain lainnya adalah Slavko Damjanovic, Gilson Costa, Mohammed Rashid, Francisco Rivera, dan Flavio Silva. Nama-nama ini perlaha untuk menyatu dengan permainan yang diinginkan pelatih Paul Munster.

Pelatih Paul Munster menyebutkan bahwa chemistry para pemainnya mulai terbentu selama persiapan pramusim ini. Secara keseluruhan, skuad Bajul Ijo terlihat mulai kompak.

“Sangat bagus, bahkan sebelum rekrutmen, mendatangkan pemain, kami mengecek latar belakang, mengecek berita pemain, meminta referensi. Timi ini sangat bagus. Semua pemain merasa bagus dengan tim ini,” kata Munster.

 

2 dari 4 halaman

Chemistry Terbentuk

Skuad Persebaya Surabaya sedang berlatih. (Aditya Wany/Bola.com)

Paul Munster telah merancang program agar timnya cepat padu. Sebab, masa pramusim membuatnya perlu menyatukan para pemain lama dan baru, termasuk ada lima pemain asing rekrutan anyar.

Sesuai rencana, Persebaya akan melakoni pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta mulai 14 Juli 2024. Hal itu ditujukan untuk membuat Bruno Moreira semakin kompak dan memahami strategi permainan untuk Liga 1 2024/2025.

“Seperti yang saya katakan, semua orang bekerja keras, kami mendorong mereka. Tapi secara chemistry, mereka adalah anak-anak yang baik. Itu yang paling penting. Jadi tidak ada masalah dengan tim ini, sangat bagus,” ujar Munster.

 

3 dari 4 halaman

Uji Coba

Persebaya Surabaya mengalahkan Persibo Bojonegoro 2-0 dalam Anniversary Game di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu (29/6/2024) malam. (Bola.com/Aditya Wany)

Selama masih persiapan Liga 1 2024/2025, mereka tetap akan melakoni sejumlah laga uji coba. Itu juga termasuk saat mereka menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta nanti.

Persebaya sendiri tercatat sudah melakoni tiga laga uji coba selama pramusim Liga 1 2024/2025. Itu diawali dengan kemenangan dengan skor 6-0 atas Rakha FC (24/6/2024).

Kemudian, Bruno Moreira dkk. unggul 2-0 saat melawan Persibo Bojonegoro (29/6/2024). Terakhir, mereka kembali pesta gol 5-0 saat menghadapi tim PON Jawa Timur, Sabtu (6/7/2024) kemarin.

Paul Munster merasa cukup puas dengan performa para pemainnya. Total, Persebaya sukses mencetak 13 gol dalam tiga laga uji coba dan belum pernah kebobolan sama sekali.

“Perlahan-lahan, kami mengintegrasikan taktik sekarang, dan menempa fisik akan selalu ada. Ini akan menjadi lebih intens, terutama setelah Anniversary Game. Pemain bisa mengatasinya. Kondisi pemain bagus dan tidak ada masalah jadi kami bisa mendorong terus pemain,” tutur Munster.

 

4 dari 4 halaman

Pindah Lokasi TC?

Persebaya sebenarnya sempat berencana pemusatan latihan mulai awal sampai pertengahan Juli 2024. Setelah itu, mereka akan mematangkan persiapan jelang Liga 1 di Surabaya.

Sayangnya, rencana jadwal itu diurungkan. Sebab, akan ada Piala AFF U-19 2024 pada 17-29 Juli 2024 di Surabaya. Sejumlah fasilitas lapangan latihan akan dipakai oleh kontestan turnamen itu.

Berita Terkait