Siapa yang Dapat Penghargaan Top Scorer Euro 2024 jika Harry Kane sampai Dani Olmo Punya Jumlah Gol yang Sama? Begini Penjelasan UEFA

oleh Aryo Atmaja diperbarui 13 Jul 2024, 17:30 WIB
Selebrasi striker Timnas Inggris, Harry Kane (kiri) bersama rekannya, Jude Bellingham setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Timnas Slovakia pada laga babak 16 besar Euro 2024 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Minggu (30/6/2024). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Bola.com, Berlin - UEFA mengumumkan perubahan aturan pada menit-menit terakhir sebelum final Euro 2024 yang dapat menguntungkan pemain Inggris. Keputusan diambil hanya beberapa hari jelang final Euro 2024.

UEFA telah mengumumkan perubahan aturan tentang penentuan pengharaan top scorer alias pencetak gol terbanyak terlambat menjelang final Euro 2024, yang cukup terlambat.

Advertisement

Laga final antara Spanyol kontra Inggris akan digelar Minggu (14/7/2024) malam waktu setempat. Adapun aturan soal top scorer baru diputuskan dua hari sebelumnya.

Bisa jadi aturan yang baru saja ditentukan UEFA, cukup menguntungan bagi striker Inggris, Harry Kane. Striker berusia 30 tahun, yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Inggris dengan 66 gol dalam 97 pertandingan, telah mencetak tiga gol di Euro 2024.

2 dari 5 halaman

Untungkan Harry Kane

Penyerang Inggris, Harry Kane melakukan selebrasi setelah memenangkan pertandingan semifinal Euro 2024 melawan Belanda di BVB Stadion di Dortmund pada 10 Juli 2024. Di Euro 2024, Harry Kane berhasil mencetak tiga gol. Harry Kane berpeluang meraih gelar pencetak gol terbanyak mengingat Inggris akan berlaga di final Euro 2024 melawan Spanyol. (Adrian DENNIS/AFP)

Setelah mencetak gol pertamanya dalam pertandingan Grup C bulan lalu melawan Denmark, Kane menambah koleksinya dengan gol kemenangan dramatis di perpanjangan waktu melawan Slovakia, hanya beberapa saat setelah Jude Bellingham menyamakan kedudukan melalui tendangan salto yang indah.

Dia kemudian menyamakan kedudukan dari titik penalti dalam kemenangan 2-1 hari Rabu atas Belanda saat The Three Lions mengamankan tempat mereka di acara besar hari Minggu.

Alhasil, Kane menjadi pencetak gol terbanyak bersama di Euro 2024 bersama Dani Olmo, Cody Gakpo, Jamal Musala, Ivan Schranz, dan Georges Mikautadze. Mereka sama-sama mengoleksi tiga gol.

3 dari 5 halaman

Beda dari Aturan Sebelumnya

Kegembiraan striker Inggris, Harry Kane usai menjebol gawang Denmark pada laga kedua Grup C Euro 2024, Kamis (20/6/2024) malam WIB. (AP Photo/Themba Hadebe)

Jadi apa yang terjadi jika Kane dan Olmo gagal mencetak gol pada hari Minggu? Dan bagaimana jika Jude Bellingham atau Fabian Ruiz mencetak gol, atau pemain lain mencetak dua gol?

Sebelumnya, UEFA akan menganugerahkan Sepatu Emas kepada pemain yang mencatatkan assist terbanyak, yakni saat ini adalah gelandang Spanyol Dani Olmo.

Cristiano Ronaldo, misalnya, meraih penghargaan di Euro 2020 setelah mencatatkan satu assist lebih banyak dibandingkan rekan pencetak gol terbanyaknya Patrick Schick, yang juga mencetak lima gol.

Namun menjelang final hari Minggu di Jerman, UEFA telah mengonfirmasi bahwa penghargaan akan dibagikan kepada semua pemain yang finis dengan gol terbanyak.

Sumber: Sportbible

4 dari 5 halaman

Jadwal Laga Final Euro 2024

Final Euro 2024 - Spanyol Vs Inggris - Alternatif (Bola.com/Adreanus Titus)

Final Euro 2024

Senin, 15 Juli 2024

  • Spanyol Vs Inggris
  • Stadion Olimpiade Berlin
  • Kick-off: 02.00 WIB
5 dari 5 halaman

Berita Terkait