Timnas Inggris Gagal Juara Euro 2024, Gareth Southgate Dipecat, Mengundurkan Diri atau Bertahan?

oleh Hendry Wibowo diperbarui 15 Jul 2024, 06:37 WIB
Catatan terbaik Gareth Southgate saat menukangi Timnas Inggris adalah mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan runner up Euro 2020. Dengan banyaknya pemain bintang di Skuad The Three Lions, ia diharapkan mampu berbicara lebih di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Southgate diketahui merupakan salah satu pelatih dengan gaji paling mahal di perhelatan terbesar di dunia itu. Ia tercatat menerima upah sebesar 4,9 juta pound per tahun. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta - Pada final Euro 2024 hari Senin (16/07/2024) dini hari WIB, Inggris kandas dengan skor 1-2. Banyak spekulasi muncul terkait masa depan Gareth Southgate usai gagal membawa Inggris juara Euro 2024. 

Diyakini karena gagal membawa Timnas Inggris juara di dua edisi terakhir final Euro 2024, Gareth Southgate bakal mengundurkan diri. 

Advertisement

Selain itu banyak desakan agar Federasi Sepak Bola Inggris (FA) memecat juru taktik berusia 53 tahun itu. Namun banyak suara yang menyarankan Southgate bertahan. 

Lantas jalan apa yang akan ditempuh sang pelatih? Usai kekalahan dari Spanyol, Southgate menegaskan belum saatnya membicarakan masa depannya. 

"Saya tidak berpikir sekarang momen tepat untuk membicarakan hal seperti itu," Southgate menuturkan. 

"Saya akan bicara dahulu kepada orang yang tepat. Jadi bukan sekarang waktu untuk memutuskan," tambahnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Mengundurkan Diri?

Legenda Inggris, Alan Shearer berpendapat bisa saja Gareth Southgate memutuskan mundur dari kursi kepelatihan. 

"Kenyataannya adalah dia membawa kami ke final tiga tahun lalu dan membawa kami ke final di sini, dan belum pernah menang," kata Alan Sherer. 

"Hal itu akan menyakiti hatinya dan mungkin ia akan berpikir bahwa ini adalah waktunya untuk orang lain," tambahnya. 

Namun berbicara usai pertandingan, Southgate berpendapat belum saatnya bicara soal masa depannya di tim saat ini. 

3 dari 3 halaman

Berita Terkait