Membedah Sebaran Klub asal Pemain Timnas Spanyol yang Juara Euro 2024: Real Sociedad Terbanyak Bukan Barcelona atau Real Madrid

oleh Hendry Wibowo diperbarui 16 Jul 2024, 10:45 WIB
Euro 2024 - Ilustrasi Spanyol Juara Euro 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Spanyol telah menahbiskan diri sebagai juara Euro 2024. Pada partai final, anak asuh Luis De La Fuente mengalahkan Inggris 2-1. 

Bola.com coba membedah asal klub pemain Spanyol yang mentas di Euro 2024. Hasilnya Barcelona atau Real Madrid bukan penyumbang terbanyak. 

Advertisement

Justru Real Sociedad berstatus tim distributor pemain terbanyak di La Furia Roja. Ada lima pemain Real Sociedad di skuad Spanyol untuk Euro 2024. 

Kelimanya adalah Robin Le Normand, Mikel Merino, Alex Remiro, Martin Zubimendi, dan Mikel Oyarzabal. Le Normand berstatus starter di partai final kontra Inggris. 

Sementara Merino, Zubimendi, dan Oyarzabal masuk sebagai pengganti. Nah Oyarzabal bahkan mencetak gol kemenangan Spanyol melawan Inggris. 

Adapun Barcelona sendiri menyumbangkan empat pemain, sementara Real Madrid tiga pemain. Dari tiga pemain Madrid, hanya Dani Carvajal yang main dari menit pertama saat final. 

Sementara Barcelona juga hanya menempatkan Lamie Yamal sebagai starter laga final. Ya, Real Sociedad sangat berkontribusi atas sukses Spanyol di Jerman. 

2 dari 3 halaman

Sebaran Pemain Spanyol di Euro 2024 (1)

Bek Timnas Spanyol, Robin Le Normand (kanan) berduel udara dengan striker Timnas Kroasia, Ante Budimir pada laga Grup B Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jeman, Sabtu (15/6/2024). (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Real Sociedad

  1. Robin Le Normand
  2. Mikel Merino
  3. Alex Remiro
  4. Martin Zubimendi
  5. Mikel Oyarzabal

Barcelona

  1. Fermin Lopez
  2. Lamine Yamal
  3. Pedri
  4. Ferran Torres

Real Madrid

  1. Dani Carvajal
  2. Nacho
  3. Joselu

Athletic Bilbao

  1. Nico Williams
  2. Unai Simon
  3. Daniel Vivian

 

3 dari 3 halaman

Sebaran Pemain Spanyol di Euro 2024 (2)

Sempat dikejutkan dengan gol bunuh diri, Robin Le Normand pada menit ke-18. Spanyol bangkit dan menyamakan kedudukan lewat gol Rodri di menit ke-39. (JAVIER SORIANO / AFP)

Arsenal

  1. David Raya

Manchester City

  1. Rodri

Chelsea

  1. Marc Cucurella

Villarreal

  1. Alex Baena

Real Betis

  1. Ayoze Perez

Atletico Madrid

  1. Alvaro Morata (Hengkang ke AC Milan)

Sevilla

  1. Jesus Navas

PSG

  1. Fabian Ruiz

RB Leipzig

  1. Dani Olmo

Al Nassr

  1. Aymeric Laporte

Bayer Leverkusen

  1. Alex Grimaldo

Berita Terkait