Enggak Dulu! Jurgen Klopp Emoh Jadi Pelatih Timnas Inggris

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 18 Jul 2024, 06:10 WIB
Jurgen Klopp telah merasakan empat laga final Liga Champions. Dari empat final itu, Klopp punya satu gelar juara yakni saat membawa Liverpool berjaya pada edisi musim 2018/2019 lalu. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta - Mantan manajer Liverpool, Jurgen Klopp, keluar dari bursa calon pelatih Timnas Inggris. Klopp dikabarkan sama sekali tidak berminat memimpin The Three Lions. 

Menurut Sky Germany, seperti dikutip Goal, Rabu (17/7/2024), tetap memegang teguh komitmennya untuk rehat dulu dari lapangan hijau selama setahun.

Advertisement

Sky Sports Jerman menyebut Jurgen Klopp benar-benar belum ingin kembali menjalani tugas sebagai pelatih setelah mundur dari Liverpool pada akhir musim 2023/2024.

Padahal, pelatih asal Jerman itu santer disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat menggantikan Gareth Southgate yang mundur dari jabatan pelatih Inggris setelah kalah di final Euro 2024 dari Spanyol. Artinya, FA harus bergerilya lagi mencari kandidat lain sebagai pengganti Southgate. 

 

2 dari 3 halaman

Kandidat Lain

Salah satu target idaman FA untuk menggantikan Gareth Southgate tidak lain adalah Pep Guardiola. Pep sudah dipastikan tidak akan memperpanjang kontraknya di City yang habis di tahun 2025 mendatang. Itulah mengapa FA akan mencoba merayu Pep untuk mau menangani Timnas Inggris. (Oli SCARFF / AFP)

Klopp menghabiskan sembilan tahun di Anfield bersama Liverpool, tetapi mengagetkan banyak orang ketika menyatakan mundur pada akhir musim 2023/2024. 

Setelah sekian lama menghadapi tekanan tinggi di Liverpool sangat bisa dimengerti Klopp pilih menjauh dulu dari lapangan hijau. Apalagi, menjadi pelatih Timnas Inggris juga pasti akan mendapat sorotan dan tekanan tinggi. 

Lalu, siapa kandidat lainnya untuk menggantikan Southgate? FA dikabarkan tertarik membujuk manajer Manchester City, Pep Guardiola, dan juga dikaitkan dengan Eddie Howe dan Graham Potter.  

3 dari 3 halaman

Patah Hati

Gareth Southgate. Pelatih berusia 51 tahun yang masih menjabat sebagai pelatih Timnas Inggris ini sukses membawa Three Lions menjadi runner-up di ajang Euro 2020 lalu. Sebelumnya, ia pernah membesut Middlesbrough pada 2006 hingga 2009 dan Inggris U-21 pada 2013 hingga 2016. (AFP/Pool/Frank Augstein)

Gareth Southgate mengambil alih tim nasional Inggris pada 2016 setelah pemecatan Sam Allardyce. Ia memimpin The Three Lions ke semifinal Piala Dunia 2018 sebelum kalah di final Euro 2020 melawan Italia di Wembley.

Tersingkirnya Prancis di perempat final Piala Dunia 2022 akan terjadi sebelum patah hati akhir pekan lalu melawan Spanyol.

"Saya bergabung dengan FA pada tahun 2011, bertekad untuk meningkatkan sepak bola Inggris. Dalam kurun waktu tersebut, termasuk delapan tahun menjadi manajer pria Inggris, saya didukung oleh beberapa orang brilian yang mengucapkan terima kasih yang tulus," tambah Southgate.

"Saya tidak bisa memiliki orang yang lebih baik di samping saya selain Steve Holland. Dia adalah salah satu pelatih paling berbakat di generasinya, dan sangat hebat."

Sumber: Sky Jerman, Goal

Berita Terkait