Kisah usai Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Filipina di Piala AFF U-19 2024: Utang Satu Gol Jens Raven kepada Indra Sjafri

oleh Aditya Wany diperbarui 18 Jul 2024, 08:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-19, Jens Raven. (Aditya Wany/Bola.com)

Bola.com, Surabaya - Jens Raven tidak dapat menahan emosinya saat berhasil menjebol gawang Filipina U-19. Baru dimainkan sekitar 20 menit, striker naturalisasi berusia 18 tahun itu sudah sukses mencetak gol.

Momen itu terjadi saat Timnas Indonesia U-19 menang 6-0 atas Filipina U-19 dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024) malam.

Advertisement

Jens Raven baru masuk di menit ke-67 menggantikan Arkhan Kaka. Memasuki menit ke-87, dia sukses mencetak gol terakhir laga tersebut. Sontak saja, dia meluapkan emosinya dengan melakukan selebrasi sambil menangis.

Saat masih dengan selebrasi gol menangis, dia kemudian mendapatkan pelukan dari para pemain dan ofisial Timnas Indonesia U-19 yang lain. Menariknya, dia kemudian menghampiri arah bench dan menundukkan kepala ke pelatih Indra Sjafri.

Pada momen itu, Indra Sjafri kedapatan menunjukkan gesture angka dua ke arah Jens Raven. Apakah itu berarti sang pelatih menginginkan striker bernomor punggung 9 itu mencetak dua gol lagi?

“Sore dia janji dengan saya, kalau dia dimainkan, dia akan mencetak dua gol. Nanti masih saya tagih satu gol,” ungkap Indra Sjafri diiringi tawa.

 

2 dari 3 halaman

Utang Satu Gol

Jens Raven mencium bendera kebangsaan Indonesia saat pengambilan sumpah pewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Kamis (27/06/2024). (Dok. PSSI)

Rupanya, gesture itu dimaksudkan mengingatkan Raven bahwa dia berjanji mencetak gol. Sayangnya, dia masih punya utang janji satu gol lagi mengingat gol yang dicetaknya di laga ini lahir di pengujung laga.

Gol itu sangat berarti bagi Jens Raven. Sebab, sebelumnya pemain Dordrecht U-21 itu sudah menjalani lima laga tetapi bulan juga mampu mencetak gol.

Riski Afrisal berperan besar dalam gol perdana Jens Raven untuk Timnas Indonesia U-19. Winger Madura United itu memberikan umpan silang yang sangat manis untuk Raven.

"Saya bersyukur, Jens Raven hanya main sekitar beberapa menit dan bisa bikin satu gol. Saya cukup puas, tapi Jens baru bergabung dengan tim. Saya pikir dia masih perlu adaptasi dengan tim ini lebih banyak,” ucap Indra Sjafri. 

3 dari 3 halaman

Dominan

Sebelum Jens Raven, Timnas Indonesia U-19 sukses mencetak lima gol dulu. Dua pemain berhasil mencetak brace, yakni Arlyansyah Abdulmanan (12' dan 50') serta Iqbal Gwijangge (21' dan 42'). Sedangkan dua gol lainnya masing-masing disumbang oleh Kadek Arel (28’).

Secara permainan, hasil pertandingan ini sudah menunjukkan bahwa mereka tampil sangat mendominasi. Sepanjang lagi, Timnas Indonesia U-19 tampil agresif, sebaliknya hampir tak ada serangan dari Filipina.

Permainan Timnas Indonesia U-19 telah menunjukkan peningkatan pesat. Sebab, mereka sebelumnya sempat jadi bulan-bulanan dengan selau menerima kekalahan melawan Ukraina, Jepang, Italia, Panama, dan Korea Selatan di Toulon Cup 2024.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 menduduki puncak klasemen dengan tiga poin. Angka itu sama dengan Timor Leste yang menang 3-2 atas Kamboja di hari yang sama, bedanya Garuda Muda unggul selisih gol.

Berikutnya, Dony Tri Pamungkas dkk. akan melakoni matchday kedua Grup A dengan menghadapi Kamboja di stadion yang sama, Sabtu (20/7/2024) malam.

Berita Terkait