Jadwal Pertandingan MLS All-Stars Vs Liga MX All-Stars: Ada Maarten Paes Nih!

oleh Hendry Wibowo diperbarui 24 Jul 2024, 19:30 WIB
Calon kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes terpilih untuk menjadi salah satu pemain dari MLS All-Stars. Tim tersebut rencananya akan berlaga melawan Liga MX All-Stars, alias para pemain bintang dari Meksiko. (AFP/Jason Mowry)

Bola.com, Jakarta - Laga menarik tersaji saat MLS All-Stars bertemu Liga MX All-Stars di Lower.com Field, Ohio, Amerika Serikat, Kamis pagi pukul 07.00 WIB.

MLS All-Stars merupakan gabungan pemain yang mentas di Liga Amerika Serikat. Sementara Liga MX All-Stars kombinasi pemain terbaik Liga Meksiko. 

Advertisement

Meski hanya partai ekshibisi, MLS All-Stars versus Liga MX All-Stars sangat dinanti pecinta sepak bola Indonesia. 

Karena kebetulan di tim MLS All-Stars bercokol nama kiper yang sedang mengurus proses untuk memperkuat Timnas Indonesia, Maarten Paes. 

Maarten Paes memang pemain yang merumput di MLS, FC Dallas. Performa apiknya di bawah mistar gawang membuat pemain berusia 26 tahun itu masuk skuad MLS All-Stars

2 dari 3 halaman

Status Paes di Timnas Indonesia

Maarten Paes telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 30 April 2024, namun masih belum bisa membela Timnas Indonesia. Mengapa demikian?

Maarten Paes masih belum bisa berganti asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI karena terganjal Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi Statuta FIFA Pasal ke-9.

3 dari 3 halaman

Sudah Bisa Tampil di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Sebelumnya, Maarten Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21. Penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun ketika melawan Timnas Belarusia U-21 dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

PSSI telah membawa sengketa penjaga gawang kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998 itu ke Pengadilan Arbritasi Olahraga atau CAS.

Belakangan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, mendapatkan kabar dari Ketua PSSI, Erick Thohir, bahwa Maarten Paes sudah bisa debut dengan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada September 2024.