Pelatih Timnas Indonesia U-19 Pastikan Welber Jardim Sembuh Cedera dan Bisa Hadapi Malaysia U-19

oleh Aditya Wany diperbarui 26 Jul 2024, 17:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim (kiri) menguasai bola dibayangi pemain Timnas Panama U-17, Oldemar Castillo pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta Kondisi Welber Jardim sempat mengkhawatirkan banyak pihak karena mengalami cedera. Momen itu terjadi saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi Timor Leste U-19 dalam pertandingan terakhir Grup A, Selasa (23/7/2024).

Di laga itu, Timnas Indonesia U-19 sukses menang 6-2 atas Timor Leste U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Hasil itu membawa Garuda Muda lolos ke semifinal dengan status juara Grup A meraih sembilan poin alias selalu menang.

Advertisement

Sayangnya, gelandang Welber Jardim tidak dimainkan penuh dalam laga ini. Jelang laga berakhir, dia mengerang kesakitan. Setelah menerima perawatan medis, Welber Jardim, ditandu keluar lapangan.

Cedera yang dialaminya diindikasikan cukup serius. Ia harus menggunakan kursi roda saat meninggalkan Stadion GBT. Lutut kirinya dibalut dengan protektor dan saat itu terlihat tidak bisa ditekuk.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Masalah

Pemain Timnas Indonesia U-20, Welber Jardim (kiri) menggiring bola dalam sesi latihan terakhir di Lapangan ABC, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (24/5/2024) pagi, menjelang keberangkatan ke Italia untuk pemusatan latihan (TC) di Como dan selanjutnya mengikuti Toulon Tournament 2024 di Prancis. (Bola.com/Abdul Aziz)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, memastikan bahwa Welber Jardim tidak mengalami masalah. Pemain bernomor punggung 12 itu juga telah mengikuti latihan bersama timnya.

"Memang banyak orang yang menyimpulkan Welber ada masalah waktu pertandingan yang ketiga lawan Timor Leste, karena dia keluar dengan kursi roda," kata Indra Sjafri, Jumat (26/7/2024).

"Jadi, itu sudah protap kita, kalau memang ada cedera, harus pakai kursi roda dan tongkat. Sampaikan ke masyarakat, terima kasih ke tim dokter dan tim fisio kita," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Tantang Malaysia

Pemain Timnas Indonesia U-19, Welber Jardim (kanan) berebut bola dengan Toni Firmansyah saat menjalani gim internal dalam rangkaian pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024) sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFF U-19 2024 yang akan berlangsung pada 17 hingga 29 Juli 2024. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Malaysia U-19 dalam semifinal Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024) malam. Welber siapkan dimainkan di laga ini.

"Kita dibantu oleh pemerintah juga alat-alat yang sangat baik, Welber kita tangani dengan baik. Dan hari kedua, Welber sudah latihan dan siap bermain besok," tutur Indra Sjafri.

4 dari 4 halaman

Sapu Bersih

Garuda Muda lolos ke semifinal dengan raihan impresif, yakni 9 poin hasil selalu menang dalam tiga laga Grup A.

Mereka unggul dengan skor 6-0 atas Filipina, 2-0 kontra Kamboja, dan terakhir 6-2 melawan Timor Leste. Total, Timnas Indonesia U-19 mampu membukukan 14 gol dan kebobolan dua gol saja selama fase grup.

Berita Terkait