5 Target MU yang Berlaga di Olimpiade 2024 Paris: Momen Pengamatan bagi Erik ten Hag!

oleh Choki Sihotang diperbarui 28 Jul 2024, 11:15 WIB
Olimpiade 2024 - Ilustrasi Sepak Bola (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Olimpiade 2024 Paris sudah dimulai sejak 26 Juli kemarin dan direncanakan berakhir pada 11 Agustus mendatang. Seperti Olimpiade sebelumnya, sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang kurang populer.

Soalnya, tak seperti Piala Eropa atau Copa America, semua tim sepak bola di Olimpiade dibatasi menggunakan pemain U-23. Hanya tiga pemain di atas usia 23 tahun yang diizinkan memperkuat timnasnya masing-masing.

Advertisement

Meski begitu, ada beberapa pemain potensial di Olimpiade 2024 yang bisa diboyong pelatih Manchester United MU, Erik ten Hag, jelang bergulirnya musim 2024/2025.

Meskipun banyak nama besar mungkin tidak terlibat, hal itu menyediakan wadah bagi pemain muda berbakat atau pemain yang tidak dapat masuk ke tim nasional mereka.

Dan ada banyak pemain yang berkompetisi di Olimpiade yang dapat menambah nilai tambah bagi skuad Ten Hag. Mirror Football mengulas lima bintang Olimpiade 2024 yang berpotensi menjadi target Setan Merah di musim panas.

 
2 dari 6 halaman

Desire Doue

Desire Doue diincar Manchester United (AFP)

Jika United tertarik pada penyerang Rennes tersebut, mereka mungkin harus bersaing dengan Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Doue mendapatkan tempatnya di skuad Prancis dengan menyumbang empat gol dan enam assist dalam 43 penampilan untuk raksasa Ligue 1 tersebut.

Bayern Munchen diketahui telah menolak tawaran sebesar £29 juta. Pilihan Ten Hag di sayap terbatas, terutama dengan masa depan Jadon Sancho yang masih belum pasti dan Antony yang terus berjuang.

Tottenham dikabarkan sangat tertarik pada pemain berusia 19 tahun yang menjanjikan tersebut, yang telah dua kali memperkuat timnas U-23 Les Bleus. Jika United benar-benar tertarik, mereka mungkin harus bertindak cepat.

3 dari 6 halaman

Samuel Omorodion

Ia masih muda, tingginya 6 kaki 4 inci dan tampak ingin menimbulkan kekacauan - Samuel Omorodion dapat memimpin tim asuhan Erik Ten Hag atau menjadi Rencana B yang utama.

Ten Hag mengandalkan Wout Weghorst selama musim pertamanya dan pemain jangkung asal Belanda itu membantu mengeluarkan yang terbaik dari pilihan penyerang United lainnya.

Omorodion dapat memainkan peran yang sama dengan Weghorst sekaligus menawarkan lebih banyak lagi.

Saat dipinjamkan ke Alaves dari Atletico Madrid musim lalu, pemain berusia 20 tahun itu mencetak delapan gol dan menyumbang satu assist di La Liga – sebuah pencapaian yang mengesankan bagi seorang penyerang muda.

Ia memiliki masa depan yang cerah dan Olimpiade bisa menjadi kesempatannya untuk mengukir namanya di panggung besar.

4 dari 6 halaman

Alex Baena

Gelandang Spanyol Alex Baena merayakan gol ke gawang Republik Dominika di Olimpiade 2024. (X)

Ia dianggap sebagai salah satu prospek akademi Villarreal yang paling menjanjikan selama bertahun-tahun, Alex Baena adalah pemain yang menarik untuk diwaspadai.

Pemain Spanyol tersebut adalah playmaker berbakat yang menyumbangkan 14 assist untuk raksasa La Liga musim lalu - hanya Alejandro Grimaldo dan Nico Williams yang menyumbang lebih banyak di lima liga teratas di Eropa.

Jika United kehilangan Bruno Fernandes, seperti yang diklaim beberapa laporan, Baena bisa menjadi pengganti yang sempurna untuk pemain internasional Portugal tersebut.

Namun, jika mereka mempertahankan kapten mereka, Baena berpotensi bermain di lini tengah bersama Fernandes.

Ia dapat mengatur permainan dari posisi yang dalam atau bermain di sepanjang garis depan di mana ia juga dapat melakukan lari akhir ke area penalti. Namun ia tidak akan murah karena Villarreal dilaporkan menghargainya sekitar £50 juta.

 
5 dari 6 halaman

Fermin Lopez

Pemain Barcelona, Fermin Lopez, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Almeria dalam laga jornada 36 La Liga di Power Horse Stadium, Jumat (17/5/2024). Berkat hasil ini, Barcelona semakin kokoh di peringkat dua klasemen dengan poin 79. Sementara itu, Almeria yang sudah dipastikan terdegradasi semakin terbenam di dasar klasemen dengan poin 17. (AP Photo/Jose Breton)

United dikabarkan mengajukan tawaran sekitar £25 juta untuk Fermin Lopez, yang mencetak delapan gol dalam 31 penampilan untuk Barcelona musim lalu.

Lopez juga merupakan bagian dari skuad Spanyol yang memenangkan Euro 2024, tetapi ia hanya tampil satu kali dari bangku cadangan dalam kemenangan 1-0 tim asuhan Luis de la Fuente atas Albania.

Namun, Olimpiade bisa menjadi batu loncatan yang sempurna untuk kariernya. Lopez adalah penyerang serba bisa yang dapat bermain di sayap kiri, di belakang penyerang, atau bahkan di dalam tiga pemain tengah.

Pemain berusia 21 tahun itu telah berada di Barcelona sejak 2016, di mana ia pindah dari sistem pengembangan pemain muda Real Betis ke La Masia yang terkenal di Barcelona.

Namun masa depannya tidak pasti di tengah upaya Barcelona untuk mendapatkan Nico Williams dan hubungan mereka lainnya dengan Dani Olmo.

Dengan klub yang masih berjuang dengan keuangan mereka, mereka mungkin diyakinkan untuk berpisah dengan pemain muda Spanyol itu sebagai sarana untuk mengumpulkan dana. Jika Ten Hag menilai Lopez, situasi Barcelona bisa menguntungkan United.

6 dari 6 halaman

Achraf Hakimi

Achraf Hakimi menjadi sosok paket lengkap yang dimiliki Timnas Maroko. Bek PSG ini mempunyai kemampuan sama baiknya saat bertahan maupun membantu serangan. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Tentu saja, Achraf Hakimi tidak dapat dianggap sebagai pemain muda yang menjanjikan, tetapi dialah yang dibutuhkan United.

Sebagai kapten tim Olimpiade Maroko, Hakimi merupakan salah satu pemain dengan profil tertinggi di Olimpiade 2024.

United mengalami kesulitan di sektor bek sayap musim lalu karena cedera dan penampilan tidak konsisten dari Diogo Dalot dan Aaron Wan-Bissaka yang membuat mereka kehilangan ketajaman di kedua ujung lapangan.

Dengan masa depan Wan-Bissaka yang saat ini tidak pasti akibat ketertarikan dari klub-klub seperti West Ham United dan Inter Milan, Hakimi akan menjadi pengganti yang sempurna.

Ia membawa pengalaman, kualitas kepemimpinan, dan kecepatan di kedua ujung lapangan. Selain itu, sekarang mungkin saatnya bagi United untuk mengajukan tawaran, karena ia hanya memiliki sisa kontrak dua tahun di Paris Saint-Germain.

Karena mereka telah melihat Mbappe meninggalkan klub dengan status bebas transfer, klub Paris itu tidak ingin hal yang sama terjadi lagi.

Namun, United tertarik pada opsi bek kanan lainnya seperti Noussair Mazraoui dari Bayern Munich dan Denzel Dumfries dari Inter.

Sumber: Mirror

Berita Terkait