Fakta Final Piala AFF U-19 2024: Timnas Indonesia U-19 dan Thailand Lolos Berkat Gol Bunuh Diri

oleh Aditya Wany diperbarui 28 Jul 2024, 13:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-19, Kadek Arel Priyatna (kiri) berduel udara dengan pemain Malaysia U-19, Muhamad Ridzwan Bin Rosli saat laga semifinal Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/07/2024). (Dok. PSSI)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan bersua Thailand pada laga final Piala AFF U-19 2024. Duel itu akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) malam WIB.

Menariknya, kedua tim sama-sama lolos ke partai puncak Piala AFF U-19 2024 dengan mendapat hadiah gol bunuh diri dari tim lawan. Ya, baik Timnas Indonesia U-19 maupun Timnas Thailand U-19 memenangi pertandingan dengan skor identik 1-0 karena blunder lawan di semifinal.

Advertisement

Dimulai dari Thailand, mereka memainkan laga semifinal melawan Australia di stadion yang sama, Sabtu (27/7/2024) sore. Duel ini berakhir dengan skor 1-0.

Satu gol yang tercipta itu karena kesalahan pemain Australia sendiri. Pada menit ke-13, bek Dylan Leonard berniat mengirim back pass kepada kiper Dylan Peraic-Cullen.

Namun, Peraic-Cullen gagal mengontrol bola dan malah membiarkannya masuk ke gawang sendiri. Gol ini jadi satu-satunya yang tercipta, dan Thailand pun lolos ke final Piala AFF U-19 2024 karena kesalahan tim lawan.

 

2 dari 4 halaman

Proses Gol Timnas Indonesia U-19

Bek Timnas Indonesia U-19, Alfharezzi Buffon, memakai pelindung kepala setelah mengalami cedera saat bersua Malaysia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024). (Bola.com/Aditya Wany)

Di sisi lain, gol Timnas Indonesia U-19 sedikit menyisakan cerita rumit. Sempat kesulitan mencetak gol sampai pergantian formasi, gol yang dinantikan akhirnya muncul pada menit ke-78 atas nama bek Afharezzi Buffon.

Dalam match summary yang diterima Bola.com, Buffon tercatat sebagai pencetak gol tunggal laga ini. Masalahnya, yang terjadi di lapangan tidak seperti itu.

Gol itu bermula dari umpan silang yang dikirim Welber Jardim dari sisi kiri. Bola lambung disambut sundulan oleh Buffon, tapi jatuh di dekat Iqbal Gwijangge.

Iqbal kemudian melepas tembakan dan berhasil diblok pemain Malaysia. Bola pantul disambar oleh Buffon yang kemudian mengenai tiang, bukan mengarah langsung ke gawang Malaysia.

Bola memantul lagi dan mengenai kaki kiper Malaysia, Haziq Aiman Esa, dan baru masuk ke gawang.

 

3 dari 4 halaman

Seharusnya Gol Bunuh Diri, tetapi..

Secara teknis, gol ini seharusnya dicatat sebagai gol bunuh diri Haziq Aiman Esa. Sebab, Buffon yang melepas tembakan gagal mengarahkan bola ke gawang, melainkan ke tiang.

Gol ini tidak dianggap bunuh diri apabila bola sepakan Buffon memang mengarah ke gawang. Jika situasi ini terjadi, Buffon bisa dicatat sebagai pencetak gol, tapi yang terjadi bukan seperti itu Sayangnya, kesalahan ini bahkan tercatat secara resmi.

Dilihat dari fakta di lapangan, Timnas Indonesia U-19 maupun Thailand seharusnya sama-sama memenangi pertandingan berkat gol bunuh diri lawan. Namun, kesalahan itu justru membuat ceritanya jadi berbeda.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan Final Piala AFF U-19 2024:

Piala AFF U-19 - Ilustrasi Logo AFF ASEAN Championship U-19 (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Thailand U-19 Vs Timnas Indonesia U-19

  • Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya
  • Hari: Senin, 29 Juli 2024
  • Kick-off: pukul 19.30 WIB
  • Siaran langsung: SCTV
  • Live streaming: Vidio

Berita Terkait