Prediksi Semifinal Piala Presiden 2024 Persis Solo Vs Arema FC: Menantang Pemilik Tradisi

oleh Iwan Setiawan diperbarui 31 Jul 2024, 06:45 WIB
Piala Presiden 2024 - Persis Solo Vs Arema FC (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Solo - Persis Solo punya keuntungan di semifinal Piala Presiden 2024 karena babak semifinal dan final digelar di Stadion Manahan, Solo.

Tentunya, Ramadhan Sananta dkk. punya semangat tinggi untuk meraih gelar di markas sendiri. Namun, mereka harus menghadapi lawan berat di semifinal. Persis berjumpa dengan tim spesialis turnamen, Arema FC, Rabu (31/7/2024).

Advertisement

Arema lolos ke semifinal sebagai juara Grup B. Selain itu, tim berjuluk Singo Edan juga berstatus sebagai juara bertahan Piala Presiden. Sedangkan Persis lolos sebagai runner up Grup A. Mereka baru kali ini lolos ke semifinal Piala Presiden.

Tapi, ada satu hal yang membuat Persis punya semangat lebih menghadapi parta ini. Tim berjulukan Laskar Samber Nyawa itu bisa dudukung suporternya. 

Sebelumnya, Arema berstatus sebagai tuan rumah di semifinal. Meskipun laga digelar di Solo, Aremania yang berhak datang. Regulasi larangan suporter tamu untuk datang masih belum dicabut.

Dengan berbagai pertimbangan, penyelenggara memberikan status tuan rumah kepada Persis. Dan suporter Arema, sepakat tidak datang ke Solo untuk menghormati regulasi.

Hal ini membuat pelatih Persis, Milomir Seslija lega karena atmosfer stadion akan lebih hidup. Efeknya bisa membakar semangat pemain Persis di lapangan. Namun, Milo berpesan agar suporter Persis, Pasoepati tidak melakukan hal negatif.

“Saya harap tidak ada ejekan atau umpatan yang berlebihan. Kami harus menjaga satu sama lain. Kami harap suporter bisa menciptakan atmosfer yang sehat untuk siapapun yang bermain di Stadion Manahan,” terang pelatih asal Bosnia tersebut.

2 dari 4 halaman

Tantangan Arema

Piala Presiden 2024 - Persis Solo Vs Arema FC - Duel Pemain (Bola.com/Adreanus Titus)

Sementara itu kubu Arema, mereka sudah siap menjalani partai ini. Meskipun mereka tidak didukung Aremania, itu tidak menyurutkan nyali Ahmad Alfarizi dkk. Pelatih Arema, Joel Cornelli melihat jika anak buahnya sudah terbiasa bermain dengan tekanan dari suporter tuan rumah.

Di fase grup, mereka merasakan laga menghadapi tuan rumah, yakni Bali United. Waktu itu Arema berhasil menang tipis 1-0. Kini, Singo Edan coba mengulangi keberhasilan menekuk tuan rumah didepan pendukungnya sendiri.

Karena dari segi persiapan, Arema merasa sudah sangat siap.

“Ini pertandingan yang berlangsung di tempat berbeda. Kami sudah menjalani pemusatan latihan sekaligus penyisihan grup di Bali. Sekarang, kondisi pemain sudah bagus karena ada recovery cukup,” tegas pelatih asal Brasil tersebut.

Tak hanya itu, Singo Edan sudah menemukan bentuk permainan terbaiknya. Pada laga terakhir Grup B, mereka menang telak 5-0 dari Madura United. Joel menurunkan skuat terbaik dengan 7 pemain asing sebagai starter waktu itu.

Tidak menutup kemungkinan, formasi itu akan dipertahankan saat melawan Persis.

“Kami sudah jalani pertandingan 3 kali sejauh ini. Sudah mulai menemukan permainan yang kita inginkan. Tentu akan bermain dengan baik di semifinal,” tegasnya.

3 dari 4 halaman

Unggul Head to Head

BRI Liga 1 - Ramadan Sananta, Persis Solo dan Dedik Setiawan, Arema FC (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Dari empat kali pertemuan kedua tim di Liga 1, Arema saat ini lebih unggul. Singo Edan menang dua kali. Sedangkan dua laga lainnya berakhir imbang. Hanya saja, Arema belum pernah menang saat pertandingan berlangsung di Solo.

Tapi, head to head ini tidak ingin digunakan oleh pelatih Arema, Joel Cornelli. Dia melihat jika kondisi kedua tim saat ini sudah berbeda.

“Sekarang dalam kondisi musim baru. Kami tahu tentang pertemuan Persis dengan Arema. Kami akan menyiapkan tim dengan materi yang sekarang lebih bagus dari sebelumnya,” jelasnya.

Namun bukan berarti Arema memandang Persis sebelah mata. Jeol mengaku jika calon lawannya itu punya materi pemain yang tidak bisa disepelekan. “Persis juga sekarang bagus dengan materi pemain dan pelatih hebat. Mereka berhasil mengalahkan Persib yang merupakan juara Liga 1 di fase grup,” tegas Joel.

Perlu diketahui, Persis lolos ke semifinal setelah mengalahkan Persib di laga terakhir Grup A. Itu jadi sebuah kejutan. Karena pertandingan digelar di Bandung. Dan Persis mampu menyingkirkan Persib lewat gol tunggal Ramadhan Sananta.

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

  • Persis Solo (4-3-3): M. Riyandi (kiper); Eky Taufik, Ricardo Regis, Eduardo Lecke, Rizky Dwi (belakang), Sutanto Tan, Sho Yamamoto, Ripal Wahyudi (tengah), Moussa Sidibe, Ramadhan Sananta, Karim Rossi (depan).
  • Pelatih: Milomir Seslija 
  • Arema FC (4-3-3): Lucas Frigeri (kiper); Achmad Maulana, Thales Lira, Choi Bo-kyung, Ahmad Alfarizi (belakang); Julian Guevara, Arkhan Fikri, Wiliam Marcilio (tengah); Salim Tuharea, Charles Lokolingoy, Dalberto (depan).
  • Pelatih: Joel Cornelli.

 

Rabu, 31 Juli 2024

Stadion Manahan, Solo

Kick Off 19.30 WIB    

Berita Terkait