Semarak Piala Presiden 2024 di Kota Solo: Geliat UMKM hingga Inspirasi Pesepak Bola Muda

oleh Radifa Arsa diperbarui 31 Jul 2024, 23:44 WIB
Ketua Steering Committee Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait, saat memberikan pernyataan kepada awak media di Stadion Manahan, Solo, Rabu (31/7/2024) malam WIB. (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Solo - Ketua Steering Committee Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait, berharap penyelenggaraan turnamen ini tak hanya jadi ajang olahraga semata, tetapi juga mampu memberikan efek ekonomi dan inspirasi bagi masyarakat. 

Maruarar Sirait menjelaskan, salah satu tujuan dari hajatan Piala Presiden 2024 ini ialah membantu roda kehidupan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mendapatkan ruang khusus di area Stadion Manahan.

Advertisement

Pihak penyelenggara memang menyediakan area khusus sebagai lokasi berjualan. Harapannya, geliat turnamen pramusim ini juga bisa memberikan dampak ekonomi bagi pelaku UMKM.

"Saya rasa kita harus bermanfaat bagi orang lain. UMKM harus bahagia, happy, dagangan makin laku karena Piala Presiden 2024," kata Maruarar Sirait, di Stadion Manahan Solo, pada Rabu (31/7/2024) malam.

"Saya rasa kita bisa lihat, saya datang juga ke beberapa stan sponsor, saya lihat dan saya beli. Saya senang karena ini juga jadi win-win. Mereka mendapat keuntungan, sedangkan marketing bisa jalan," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Hiburan dan Inspirasi

Piala Presiden 2024 - Ilustrasi Logo Piala Presiden 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)

Hadirnya pemain-pemain elite yang lolos ke semifinal Piala Presiden 2024 juga diharapkan bisa menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat. Selain itu, ajang ini juga bisa menjadi inspirasi bagi pesepak bola usia muda.

Selama fase semifinal Piala Presiden 2024, pihak penyelenggara menyediakan tiket gratis yang ditujukan kepada sekolah sepak bola (SSB), siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga anak yatim piatu.

"Selain itu, turnamen ini menjadi hiburan buat para keluarga. Mereka bisa menonton dengan suasana yang baik. Kami juga merasa senang karena olahraga bisa jadi hiburan yang berkualitas," ujarnya.

“Selain mengundang anak yatim piatu, kami juga mengundang anak-anak SSB dan sekolah di level SMP. Sebab, kami juga berharap mereka terinspirasi menjadi atlet dari usia muda,” imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Partai Final Menarik

Ketua umum PSSI, Erick Thohir (kiri) bersama Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait saat membuka trofi Piala Presiden 2024 dalam konferensi pers yang berlangsung di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Senin (15/07/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kota Solo menjadi lokasi puncak penyelenggaraan Piala Presiden 2024. Sebab, laga semifinal, perebutan peringkat ketiga, hingga partai final digelar di Kota Bengawan. Hasilnya, Borneo FC dan Arema FC bakal berduel di partai final.

Menurut jadwal, duel antara Borneo FC menghadapi Arema FC ini bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/8/2024) pukul 19.30 WIB. Ini menjadi pertemuan ketiga bagi keduanya di partai final setelah sempat berjumpa pada edisi 2017 dan 2022.

Menariknya, pada dua edisi sebelumnya, Singo Edan selalu berhasil menang melawan Pesut Etam. Final edisi 2017 berakhir dengan skor 5-1, sedangkan pada edisi 2022 berujung dengan skor tipis 1-0.