Road to Final Piala Presiden 2024: Borneo FC Jumpa Si Raja Turnamen

oleh Choki Sihotang diperbarui 01 Agu 2024, 21:07 WIB
Logo Borneo FC Baru (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Jakarta - Kini, Borneo FC selangkah lagi menorehkan sejarah di ajang Piala Presiden 2024. Bisa juara Pesut Etam?

Borneo FC mengamankan tiket ke final setelah tampil spartan mengalahkan Persija Jakarta di semifinal yang berlangsung sengit di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/7/2024).

Advertisement

Comeback luar biasa tim besutan Pieter Huistra lewat dua gol balasan Christophe Nduwarugira pada menit ke-44 dan Gavin Kwan menit ke-90+6 memupuskan asa Persija yang sempat unggul 1-0 via gol cepat Firza Andika pada menit ke-15.

Luar biasa memang Borneo FC. Semangat pantang menyerah serta kepercayaan diri yang tinggi kian membuktikan kalau Pesut Etam layak dijagokan untuk memenangkan Piala Presiden edisi tahun ini.

 

2 dari 4 halaman

Dua Kali ke Final

Pemain asing Borneo FC, Christophe Nduwarugira, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada semifinal Piala Presiden 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/7/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Sejak digulirkan pada 2015, tim kebangaan warga Samarinda, Kalimantan Timur, belum pernah menjadi yang terhebat di pentas Piala Presiden. Padahal, mereka sudah dua kali melaju ke final, 2017 dan 2022, namun harus puas sebagai runner-up.

Jadi, ini merupakan momen yang tepat bagi anak-anak Borneo untuk mengakhiri kutukan sekaligus penawar kekecewaan setelah gagal merengkuh gelar jawara BRI Liga 1 2023/2024.

Pieter Huistra hakulyakin pasukannya bisa merealisasikan target, siapa pun lawan yang bakal mereka hadapi di final nanti. Terkait lawan, Borneo FC masih menunggu hasil laga semifinal lainnya antara Arema FC vs Persis Solo, Rabu (31/7/2024).

"Siapa pun lawan yang akan kami hadapi di final tak terlalu saya risaukan. Bagi saya yang terpenting adalah bagaimana kami bermain nanti," kata Pieter Huistra.

 

3 dari 4 halaman

Belum Terkalahkan

Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra. (Wahyu Pratama/Bola.com)

Sejauh ini, Pesut Etam tak terkalahkan. Di fase grup, Nadeo Argawinata dan kawan-kawan keluar sebagai kampiun Grup A dengan torehan tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan sekali seri.

Mereka mengawali petualangan dengan mengalahkan Persis Solo dua gol tanpa balas, lalu menundukkan tim kuat Persib Bandung 1-0, dan selanjutnya bermain imbang 1-1 kontra PSM Makassar.

Di final, yang rencananya akan mentas di Stadion Manahan, Solo, pada Minggu (4/8/2024) dan kabarnya bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Borneo FC pastinya ingin mengangkat trofi di podium tertinggi.

Seperti ditegaskan Pieter Huistra di atas, siapa pun rival yang akan bersua mereka di partai puncak Borneo FC tetap optimistis bisa memenangkan duel dengan bermain penuh semangat serta percaya diri tinggi.

 

4 dari 4 halaman

Ekstra Waspada

Meski begitu, Borneo FC tetap ekstra waspada. Baik Arema FC maupun Persis Solo sama-sama tim kuat yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Walau pernah mengalahkan Persis di fase grup, hanya saja performa Laskar Sambernyawa terus meningkat. Pun begitu dengan Arema FC, Singo Edan lebih baik dari musim lalu.

"Persis terus berkembang dan Arema bermain lebih bagus dari musim lalu," aku Pieter Huistra.

Jutaan rakyat Samarinda, khususnya pemuja setia Pesut Etam berharap tim kesayangan bisa memungkasi perjuangan dengan membawa pulang trofi Piala Presiden 2024. Semoga.