Pertamina Enduro VR46 Racing Team Jadi Tim Satelit Utama Ducati di MotoGP 2025: Dapat Motor Baru Nih!

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 03 Agu 2024, 05:15 WIB
Pertamina Enduro VR46 Racing Team, yang diwakili sang Direktur tim, Alessio Salucci (kedua dari kiri) dan General Manager Ducati Corse, Luigi Dall'Igna (kedua dari kanan), berfoto bersama usai penandatanganan kontrak, di mana tim milik Valentino Rossi itu akan menjadi tim satelit utama Ducati pada MotoGP 2025. (Bola.com/Dok.VR46 Racing Team)

Bola.com, Jakarta - Pertamina Enduro VR46 Racing Team resmi menandatangani kesepakatan dengan perusahaan motor pabrikan Italia, Ducati, untuk menjadikan tim yang bermarkas di Tavullia itu sebagai tim satelit utama di MotoGP 2025.

Semua berawal dari kerja keras kru teknis VR46, yang dalam beberapa tahun berhasil menjadi acuan bagi tim papan atas MotoGP. Semua itu menghasilkan capaian baru dalam sinergi Italia yang sudah terjalin sejak 2022 dan makin solid dengan tiga kemenangan pada musim 2023.

Advertisement

"Saya merasa bangga mengumumkan bahwa mulai tahun depan Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan menjadi tim satelit utama Ducati di MotoGP. Kami akan berada di trek balap dengan motor resmi dan GP24," tegas Direktur tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Alessio Salucci.

"Jika beberapa tahun lalu ada yang mengatakan ini, saya tidak akan bisa percaya. Ini adalah momen yang sangat berarti bagi seluruh tim, mencapai hasilnya dalam tiga tahun, dengan tim yang muda, dengan banyak yang sudah  kami sejak Moto3, adalah sesuatu yang luar biasa," lanjutnya.

 

 
2 dari 3 halaman

Kepercayaan dari Ducati

Pembalap Pertamina Enduro VR46, Fabio Di Giannatonio memacu motornya saat tes pramusim MotoGP 2024 di Lusail International Circuit, Doha, Qatar, Selasa (20/02/2024) waktu setempat. (Dok. Pertamina Enduro VR46 Racing Team)

Sementara itu, Luigi Dall'Igna, General Manager Ducati Corse, menyebut kerja sama ini adalah sebuah bentuk dukungan penuh kepada VR46 Racing Team yang telah memperlihatkan kemampuan luar biasa bersama Ducati Corse dalam beberapa musim terakhir di MotoGP.

"Sejak hari pertama, VR46 Racing Team telah memperlihatkan kemampuannya untuk bekerja dalam harmoni yang sempurna bersama Ducati, dan dalam beberapa tahun terakhir, kami mencapai hasil yang penting bersama-sama.

"Kami gembira, maka dari itu, untuk bisa mempererat kerja sama lebih lanjut, dengan memberikan dukungan penuh kepada tim yang bermarkas di Pesaro mulai musim depan."

"Saya yakin bahwa bersama-sama kita bisa mencapai tujuan penting lainnya. Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Valentino, Uccio, Pablo, dan semua orang yang bekerja dengan tim yang penuh semangat dan dedikasi," lanjutnya.

 

 
3 dari 3 halaman

Dapat Motor Resmi dari Ducati

Penampakan motor Ducati yang akan digunakan VR46 Racing Team pada MotoGP 2024. (Twitter/VR46 Racing Team)

Dengan kerja sama ini, akan ada perubahan signifikan bagi Pertamina Enduro VR46 Racing Team yang menjadi tim satelit utama Ducati. Bakal ada motor resmi dari Ducati dan motor Ducati Desmosedici GP24, besama staf teknis baru dari Ducati.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang bekerja di tim, para mitra, khususnya Pertamina Lubricants, Ducati, dan Gigi Dall'Igna, karena telah mempercayai proyek ini dan berhasil mengembangkannya," ujar Alessio Salucci.

"Kami menghadapi tahun-tahun penuh tantangan ke depan, tetapi kami tidak sabar untuk menguji diri kami sendiri dan berusaha mencapai hasil yang lebih ambisius," lanjutnya.

Berita Terkait