Persis Raih Peringkat Ketiga di Piala Presiden 2024, Milomir Seslija: Sebetulnya Bisa Catat Prestasi Lebih Baik

oleh Radifa Arsa diperbarui 03 Agu 2024, 23:21 WIB
Selebrasi pemain Persis Solo, Ricardo Aparecido De Lima setelah menjebol gawang Persija Jakarta pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Presiden 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/8/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Solo - Pelatih Persis Solo, Milomir Seslija, merasa bangga dengan pencapaian anak asuhnya yang sukses meraih peringkat ketiga di ajang Piala Presiden 2024 seusai menggebuk Persija Jakarta.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/8/2024) malam WIB itu, Persis Solo berhasil unggul tipis dengan skor 1-0 atas Persija Jakarta lewat gol tunggal Ricardo Lima pada menit ke-10.

Advertisement

Milomir Seslija menyebut, kemenangan ini dipersembahkan untuk para pendukung Persis. Pasalnya, ini menjadi kali pertama bagi Laskar Sambernyawa bisa meraih peringkat ketiga di ajang Piala Presiden.

“Kemenangan ini kami persembahkan untuk fans dan masyarakat Kota Solo. Ini pertama kalinya Persis mendapatkan medali peringkat ketiga. Pencapaian ini tidak terlalu buruk apabila kita melihat kondisinya,” kata Milomir Seslija dalam konferensi pers, Sabtu (3/8/2024).

“Saya tahu, kami sebetulnya bisa mendapatkan yang lebih baik, tetapi kami membutuhkan waktu yang lebih banyak. Kami harus melaluinya setahap demi setahap dan dilakukan secara konsisten. Ini jadi motivasi yang bagus untuk menatap liga,” imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Unggul Taktik

Pemain Persis Solo, Althaf Indie Alrizky (kiri) berduel udara dengan pemain Persija Jakarta, Muhammad Ferarri pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Presiden 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/8/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Salah satu aspek yang disyukuri Milo ialah keberhasilan Sho Yamamoto dkk menerapkan taktik yang lebih unggul ketimbang lawan. Namun, ada beberapa evaluasi yang harus segera dibenahi jelang kompetisi bergulir.

“Pada babak pertama, Persija tak bisa apa-apa. Kami bermain sangat kompak dan bagus. Bagi saya, ini adalah pertama kalinya kami bisa bermain lebih superior dalam aspek taktik,” ujarnya.

“Namun, saya memang masih harus bekerja keras untuk banyak hal, terutama penyelesaian akhir untuk mencetak gol. Yang penting, secara spirit dan karakter, kami akan menghadirkan sesuatu yang berbeda,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Bermain Rileks

Kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi berhasil menangkap bola dari ancaman pemain Persija Jakarta, Witan Sulaeman pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Presiden 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/8/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Juru taktik asal Bosnia-Herzegovina itu menjelaskan, hal yang harus disadari anak asuhnya ialah bermain lebih tenang. Sebab, di ajang pramusim seperti ini, kemenangan bukanlah target utama yang harus diraih. 

“Selama 14 hari di Piala Presiden 2024 ini, kami menghadapi banyak laga berat. Terlalu banyak analisis, terlalu banyak lawan yang kuat, terlalu banyak taktik, hal ini kadang-kadang menyulitkan para pemain saya,” ujarnya.

“Namun, mereka bisa akhirnya bisa bermain lebih rileks. Para pemain juga bisa menyadari bahwa yang utama adalah bermain tanpa beban di turnamen pramusim ini,” lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Terus Tingkatkan Level

Pelatih kepala Persis Solo, Milomir Seslija saat menghadapi Persija Jakarta pada laga perebutan peringkat ketiga Piala Presiden 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/8/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara itu, bek Persis yang mencetak gol tunggal laga ini, Ricardo Lima, memastikan bahwa rekan-rekannya akan terus berjuang untuk meningkatkan level permainan, terutama menjelang bergulirnya Liga 1 2024/2025.

“Pertama-tama, saya berterima kasih kepada pelatih karena sudah mempercayai saya untuk memperkuat Persis Solo. Saya ingin meningkatkan level saya bersama Persis Solo,” ujar Ricardo Lima.

“Coach selalu bilang bahwa kami akan membuat level tim ini naik. Walaupun hasilnya di Piala Presiden 2024 ini belum sempurna, tetapi kami akan selalu melakukan yang terbaik di sesi latihan,” lanjutnya.

Berita Terkait