Hasil Panjat Tebing Olimpiade 2024: Persaingan Ngeri, Desak Made dan Rajiah Berhasil Lolos Ke Perempat Final

oleh Rizki Hidayat diperbarui 05 Agu 2024, 20:09 WIB
Reaksi atlet panjat tebing Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi usai mengalahkan Deng Lijuan dari China pada final speed putri Asian Games 2022 di Hangzhou, China, Selasa (3/10/2023). (ADEK BERRY / AFP)

Bola.com, Paris - Dua atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabillah, telah mengawali perjuangannya di Olimpiade 2024. Keduanya pun berhasil melenggang ke perempat final.

Tampil pada nomor speed putri di Le Bourget Sport Climbing, Saint-Denis, Paris, Senin (6/8/2024) malam WIB, Desak berhadapan dengan wakil tuan rumah, Capucine Viglione pada penyisihan unggulan. 

Advertisement

Sayangnya, terjadi kesalahan teknis saat Desak berlomba di lane A. Tombol pencatat waktu rusak dan tak berhenti ketika Desak Made sudah melakukan sentuhan.

Alhasil, catatan waktu atlet asal Bali tersebut terus berjalan. Padahal berdasarkan tayangan ulang Desak berhasil mengukir waktu 6,4 detik, sedangkan Viglione menorehkan 7,53 detik.

Desak Made lantas menanyakan kendala tersebut kepada ofisial. Setelah berdiskusi, ofisial kemudian melakukan pemeriksaan dan memastikan terdapat kesalahan teknis pada papan pencatat waktu.

Desak Made Rita Kusuma Dewi kemudian kembali mendapat kesempatan untuk mengulangi panjatan, setelah sebelumnya dinyatakan fall. Akhirnya, Desak Made berhasil mengukir waktu 6,52 detik pada lane A.

 

2 dari 4 halaman

Perbaiki Catatan Waktu

Rajiah Salsabillah (kanan) menjadi salah satu atlet panjat tebing putri Indonesia yang merebut emas Asian Games 2018 pada nomor speed relay ( ANTARA FOTO/INASGOC/Hendra Nurdiyansyah/nym/18)

Rajiah Sallsabillah kemudian berhadapan dengan wakil asal Amerika Serikat, Emma Hunt. Menempati Lane A, Rajiah kalah cepat dibandingkan Hunt. Rajiah mengukir waktu 6,67 detik, berbanding 6,79 detik yang diukir Emma Hunt.

Pada panjatan kedua dengan beralih ke lane B, Desak Made dan Rajiah berhasil mempertajam catatan waktunya. Desak mengukir waktu 6,45 detik, sedangkan Rajiah menorehkan waktu 6,58 detik.

Hasil tersebut membuat Desak Made berada di urutan keenam dan Rajiah di tempat ketujuh penyisihan unggulan panjat tebing Olimpiade 2024 nomor speed putri. Adapun atlet panjat tebing asal Polandia, Aleksandra Miroslaw, menjadi yang terbaik.

 

3 dari 4 halaman

Desak Made dan Rajiah Lolos

Reaksi atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma setelah dikalahkan atlet panjat tebing Polandia, Miroslaw Aleksandra pada final nomor speed putri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC 2023 seri Jakarta melawan atlet panjat tebing China, Xinshang Wang di Lot 6, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia, Minggu (07/05/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Catatan waktu pada penyisihan unggulan untuk menentukan pemeringkatan atlet di fase eliminasi dan masih digelar pada hari yang sama. Nantinya, urutan teratas akan bersua peringkat terbawah, yakni 14, posisi kedua melawan tempat ke-13, urutan ketiga berhadapan dengan posisi ke-12, dan begitu seterusnya.

Pada fase eliminasi, Desak Made Rita Kusuma Dewi berhadapan dengan posisi sembilan asal Amerika Serikat, Kelly Piper. Hasilnya, Desak Made berhasil mengungguli Piper dan lolos ke perempat final.

Desak mencatatkan waktu 6,38 detik, di sisi lain Piper menorehkan waktu 8,43 detik. Lolos ke perempat final juga ditorehkan Rajiah.

Menghadapi posisi delapan, Leslie Romero, Rajiah Sallsabillah melakukan kesalahan dan mengalami fall. Adapun atlet asal Spanyol tersebut menorehkan waktu 7,26 detik.

Meski gagal mencatatkan waktu, Rajiah Sallsabillah tetap berhak lolos ke perempat final cabang olahraga panjat tebing Olimpiade 2024 nomor speed putri. Pasalnya, catatan waktu Rajiah masih lebih baik dibandingkan Beatrice Colli asal Italia, pada penyisihan unggulan.

 

4 dari 4 halaman

Persaingan Ngeri

Persaingan cabor panjat tebing Olimpiade 2024 nomor speed putri terbilang mengerikan. Lawan-lawan Desak Made dan Rajiah mampu mencatatkan waktu yang jauh lebih baik.

Aleksandra Mirosław bahkan mampu memecahkan rekor dunia, dengan catatan waktu 6,06 detik. Mirosław mengukir rekor tersebut ketika melakukan panjatan di lane A penyisihan unggulan.

Saat fase penyisihan, Aleksandra Mirosław juga menjadi yang terbaik dengan catatan waktu 6,10 detik. Selain itu, Emma Hunt juga menorehkan waktu impresif, yakni 6,36 detik pada penyisihan unggulan.

Situasi tersebut membuat Desak Made dan Rajiah Sallsabillah harus berjuang ekstra keras untuk bisa meraih medali di Olimpiade 2024.

Berita Terkait