Mau Modif Audio Mobil? Ini Rekomendasi Speaker yang Bisa Jadi Pertimbangan

oleh stella maris pada 09 Agu 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi speaker/Canva.com

Bola.com, Jakarta Memodifikasi audio mobil menjadi salah satu hal yang populer yang dilakukan para pemilik kendaraan. Alasan upgrade audio mobil salah satunya karena ingin mendapatkan pengalaman mendengarkan yang lebih personal. Oleh karena itu, pemilihan rekomendasi speaker pun menjadi hal yang paling dicari sebelum modif audio dilakukan.

Buat kamu penggemar karaoke misalnya, mungkin terbiasa nyanyi di rumah dengan perangkat audio terbaik seperti Speaker Polytron PMA yang memiliki kualitas bagus dan suara yang jernih. Nah, jika ingin mendapatkan kualitas suara yang setara, ketika kamu lagi berkendara, artinya saat modif audio kamu harus mempertimbangkan amplifier, speaker woofer subwoofer, dan komponen lainnya yang dirancang untuk memberikan suara yang lebih jernih, detail, dan kaya.

Advertisement

Biar nggak bingung, yuk bahas beberapa tips yang dapat membantumu untuk memilih speaker mobil yang tepat, sesuai kebutuhan dan preferensimu:

1. Perhatikan Ukuran Speaker

Ini adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan. Yup, ukuran speaker sangat penting untuk memastikan kompatibilitas dengan slot speaker di mobilmu. Speaker mobil biasanya tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 4 inci, 5,25 inci, 6,5 inci, dan 6x9 inci. Jadi sebelum membeli, ukur ukuran speaker yang sudah ada atau cek spesifikasi dari mobil, buat memastikan ukuran yang tepat.

2. Periksa Daya (Power Handling)

Power handling atau daya adalah seberapa banyak daya (watt) yang bisa ditangani oleh speaker tanpa mengalami distorsi atau kerusakan. Ada dua jenis daya yang perlu diperhatikan:

  • RMS Power Handling: Ini adalah jumlah daya yang dapat ditangani speaker secara terus menerus. Ini lebih penting dibandingkan dengan peak power karena menunjukkan performa harian speaker
  • Peak Power Handling: Ini adalah jumlah daya maksimum yang dapat ditangani speaker untuk periode singkat. Pastikan daya speaker sesuai dengan daya output dari amplifier atau head unit di mobil.

3. Pilih Material Speaker yang Tepat

Kamu harus tahu kalau material speaker dapat memengaruhi kualitas dan karakter suara yang dihasilkan. Oleh karena itu, kamu harus tahu dulu beberapa komponen dasarnya berikut ini:

  • Woofer: Ini adalah jenis speaker yang menangani frekuensi rendah, terutama bass. Yup karena terbuat dari polypropylene atau bahan komposit lain, jadi cenderung memberikan bass yang lebih responsif dan tahan lama. Untuk suara bass yang lebih kaya, kamu bisa pilih woofer dengan bahan berlapis karet untuk menciptakan efek bass yang mendominasi
  • Tweeter: Ada beberapa material pada speaker tweeter. Jika terbuat dari soft dome (kain atau sutra) dapat memberikan frekuensi suara tinggi atau treble yang halus. Sementara material hard dome yang berbahan keras seperti aluminium atau titanium untuk menghasilkan suara treble yang lebih terang dan tajam
  • Subwoofer: Ini adalah speaker khusus untuk frekuensi bass paling rendah, di bawah 100 Hz. Subwoofer memperkuat dan menambah kedalaman pada suara bass yang tidak dapat dicapai oleh woofer biasa.

4. Pertimbangkan Kualitas Crossover

Jika Anda memilih speaker komponen, pastikan crossover yang disertakan berkualitas baik. Crossover memisahkan sinyal audio menjadi frekuensi tinggi dan rendah dan mengarahkan frekuensi yang sesuai ke tweeter dan woofer. Crossover yang baik akan memastikan frekuensi dipisahkan secara akurat, menghasilkan suara yang lebih seimbang dan jernih.

5. Pertimbangkan Anggaran

Anggaran tentu memainkan peran besar dalam memilih speaker. Untuk speaker mobil tersedia dalam berbagai rentang harga, dari yang terjangkau hingga premium. Jadi, jangan lupa buat menentukan  anggaranmu dan carilah speaker yang menawarkan kualitas terbaik dalam kisaran harga tersebut. Ingat ya kalau harga yang lebih tinggi nggak selalu berarti kualitasnya yang lebih baik, tetapi juga jangan terlalu berhemat jika kamu mencari peningkatan yang signifikan dalam kualitas suara.

 

(*)