Update TC Timnas Indonesia U-17 di Bali: Sudah Masuk Tahap Taktik, Siap Hadapi India Sebelum Lakukan TC Lanjutan di Spanyol

oleh Alit Binawan diperbarui 15 Agu 2024, 18:45 WIB
Timnas Indonesia U-17 hingga sekarang masih melakukan pemusatan latihan atau TC di Bali United Training Center. (Alit Binawan/Bola.com)

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia U-17 hingga sekarang masih melakukan pemusatan latihan atau TC di Bali United Training Center. Pemusatan latihan di Bali akan dilakukan hingga akhir Agustus mendatang.

Di awal pemusatan latihan, 32 pemain difokuskan untuk melahap program latihan fisik. Sekarang, sudah memasuki latihan taktikal.

Advertisement

Ini dilakukan untuk persiapan awal menghadapi Timnas India U-17 yang akan digelar pada 25 dan 27 Agustus mendatang.

"Rencananya kami lakukan dua kali uji coba melawan Timnas India. Uji coba nanti di Stadion Dipta," beber Pelatih Timnas U-17Nova Arianto saat ditemui usai sesi latihan pada Kamis (15/8/2024).

Namun sebelumnya, Nova Arianto mengatakan bahwa kondisi fisik pemain sudah mulai cukup baik meskipun belum 100 persen berada di peak performance.

 

2 dari 4 halaman

Penyamaan Fisik

Timnas Indonesia U-17 hingga sekarang masih melakukan pemusatan latihan atau TC di Bali United Training Center. (Alit Binawan/Bola.com)

Hal ini terlihat dari pemain-pemain yang tidak tergantung dalam skuad Timnas Indonesia U-17 di Piala AFF U-17 beberapa waktu lalu di Solo.

"Sekarang masih melakukan penyamaan fisik dasar dengan pemain yang baru bergabung. Selama tiga hari ini. Menurut saya, perkembangan ya sudah cukup baik dan sekarang sudah masuk ke program taktikal," terangnya.

Disamping beberapa pemain juga masih belum bergabung. Misalnya saja Aidan, Lucas Lee, dan Mathew Becker.

Lucas sendiri baru bergabung pada 17 Agustus mendatang. Sedangkan Mathew Becker baru bergabung pada Senin (19/8/2024).

3 dari 4 halaman

Melihat Kondisi Seluruh Pemain

Setelah pemain lengkap, Nova pun bisa melihat bagaimana kondisi seluruh pemain dengan baik. "Setelah mereka semua berkumpul, baru akan ada persiapan khusus sebelum uji coba melawan Timnas India," ucapnya.

Yang jelas, TC di Bali ini menjadi awal untuk melakukan TC lanjutan ke Spanyol sebelum bertolak ke Kuwait untuk mengikuti kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Di kualifikasi nanti, Timnas U-17 berada di grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Nantinya, hanya 10 juara grup serta lima runner up terbaik yang berhak lolos menemani tuan rumah Arab Saudi.

Nova pun tidak mau main-main. Persiapan kurang lebih 1,5 bulan ini wajib dilakukan dengan maksimal. Ia juga menjelaskan pada akhir Agustus mendatang ada penciutan pemain menjadi 32 pemain saja sebelum TC ke Spanyol.

4 dari 4 halaman

Terus Pantau Pemain

Dia tidak mau memilih pemain dengan kemampuan yang masih kurang dari sudut pandangnya sembari melihat apakah ada pemain potensial terutama pemain Diaspora yang layak bergabung ke skuad Timnas U-17 saat kualifikasi nanti.

"Kami ingin pemain yang cukup mampu saat kualifikasi di Kuwait. Kami masih memantau beberapa pemain baru yang menjalani TC di sini. Termasuk juga pemain-pemain diaspora masih kami pantau. Untuk kualifikasi nanti, kami target lolos ke Piala Asia," tegasnya.

"Masih ada persiapan sekitar 1,5 bulan. Jadi semua pemain ini bisa fokus memaksimalkan dirinya untuk bisa tampil di kualifikasi Piala Asia U-17 pada bulan Oktober nanti," tutup Nova Arianto.

Berita Terkait