Nama Veddriq Leonardo Rupanya Terinspirasi dari Legenda Sepak Bola Brasil: Sempat Bercita-Cita Jadi Pesepak Bola

oleh Hery Kurniawan diperbarui 16 Agu 2024, 16:45 WIB
Raihan emas ini menjadi yang pertama untuk kontingen Merah Putih di Olimpiade 2024. (Jonathan NACKSTRAND/AFP)

Bola.com, Jakarta - Veddriq Leonardo mengukir sejarah di Olimpiade 2024 Paris. Veddriq meraih medali emas dari nomor speed panjat tebing pada ajang tersebut.

Veddriq Leonardo menjadi penyumbang satu dari dua emas yang diraih kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Medali emas yang lain dipersembahkan Rizki Juniansyah dari angkat besi.

Advertisement

Ada cerita menarik mengenai Veddriq Leonardo. Ternyata ada unsur sepak bola dari nama atlet kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat itu.

Menurut cerita Veddriq Leonardo, namanya terinspirasi dari legenda sepak bola Brasil, Leonardo Araujo. Sang ayah memang menggemari sepak bola.

"Dari cerita bapak karena beliau menggemari sepak bola waktu itu ada seorang pemain namanya Leonardo Araujo, jadi nama belakang saya dikasih nama Leonardo," ungkap Veddriq dalam acara ROSI, Kompas TV belum lama ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Ingin Jadi Pemain Bola

4. Leonardo – Mantan gelandang timnas Brasil ini sempat memperkuat PSG pada musim 1996-1997. Di musim tersebut, pria berusia 47 tahun ini tampil dalam 37 laga dan berhasil menciptakan 7 gol. (AFP/Gabriel Bouys)

Veddriq Leonardo bahkan mengaku sempat jauh dari panjat tebing. Atlet berusia 27 tahun itu sempat ingin menjadi pemain sepak bola atau bulutangkis.

Namun, saat duduk di bangku SMA, Veddriq Leonardo berkenalan dengan panjat tebing. Setelah itu, publik tahu ceritanya. Veddriq menjadi pahlawan Indonesia di Olimpiade 2024 Paris.

"Bulutangkis atau sepak bola, tapi ketika saya SMA saya bergabung dengan ekskul pecinta alam. Saya kemudian dikenalkan dengan olahraga panjat tebing dan bagi saya olahraga ini memang sangat menantang," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Ingin Lebih

Dua atlet Indonesia peraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris Rizki Juniansyah (kiri) dan Veddriq Leonardo (kanan) memamerkan medalinya usai tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (13/8/2024). (Abdul Aziz/Bola.com).

Veddriq Leonardo sangat bangga dan bahagia bisa meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris. Apalagi itu menjadi medali emas pertama dari cabang olahraga panjat tebing.

Namun, Veddriq Leonardo tidak mau berpuas diri. Veddriq ingin meraih medali serupa di Olimpiade 2028 yang akan digelar di Los Angeles, Amerika Serikat. "Bisa membawa medali emas lagi di Olimpiade Los Angeles 2028," harap Veddriq.