Prediksi Arema FC Vs Borneo FC di BRI Liga 1: Partai Ulangan Final Piala Presiden 2024

oleh Iwan Setiawan diperbarui 17 Agu 2024, 07:45 WIB
BRI Liga 1 - Arema FC Vs Borneo FC (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Blitar - Arema FC mendapatkan jadwal berat pada awal BRI Liga 1 2024/2025. Setelah ditahan skuad mewah yang dimiliki Dewa United pada pekan pertama, kini Ahmad Alfarizi harus menghadapi Borneo FC pada laga pekan kedua, Sabtu (17/8/2024).

Laga itu akan berlangsung di homebase sementara Arema FC, Stadion Soepriadi, Kota Blitar. Tidak mudah bagi Singo Edan untuk meraih tiga poin pertamanya pada musim ini.

Advertisement

Borneo FC punya kepercayaan diri lebih baik, karena pada pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025 mereka menang mudah 3-1 atas tim promosi, Semen Padang.

Selain itu, tim berjulukan Pesut Etam tentu punya misi balas dendam. Seperti diketahui, Borneo kalah dari Arema lewat adu penalti di final Piala Presiden 2024. Dua hal itu yang membuat Pesut Etam punya hasrat tinggi meraih tiga poin di Blitar.

Namun, Arema tentu tak ingin mengecewakan pendukungnya lagi. Mereka bakal sekuat tenaga mengincar kemenangan di laga ini, karena tiga poin jadi kado yang tertunda untuk ulang tahun Arema ke-37 yang jatuh pada akhir pekan lalu.

Artinya, tentu pertandingan diprediksi sama seperti final Piala Presiden. Apalagi jarak pertandingan belum terlalu jauh, yaitu 4 Agustus lalu.

Artinya, komposisi dan strategi yang diterapkan tidak banyak berubah. Sementara di kubu Arema, pelatih Joel Cornelli tiga hari ini fokus mengasah ketajaman lini depannya.

Pada laga pertama di BRI Liga 1 2024/2025, mereka tak sanggup mencetak gol. Padahal di Piala Presiden 2024, Singo Edan jadi tim tersubur.

“Tentu ada evaluasi dari pertandingan sebelumnya. Kami sudah siapkan di latihan. Dan akan berupaya mencetak gol lebih dulu,” jelas pelatih asal Brasil tersebut.

Sejak ditangani Joel, pemain Arema dapat tugas wajib mencetak gol lebih dulu. Itu bisa membuat beban yang ada di pundak pemain sedikit berkurang.

Selama persiapan di Malang, Joel memberikan pujian dan tepuk tangan ketika ada pemain yang mencetak gol. Apa pun prosesnya, baik tembakan jarak jauh maupun kombinasi satu dua sentuhan di dalam kotak penalti.

 
2 dari 5 halaman

Arema FC Tanpa 2 Pemain Asing

Gelandang Arema FC, Julian Guevara harus dilarikan ke rumah sakit pertengahan babak kedua versus Dewa United 0-0 di Stadion Soepriadi, Kota Blitar, Senin (12/8/2024). (Bola.com/Iwan Setiawan)

 

Ada sebuah pekerjaan rumah bagi Arema FC, terutama di sistem pertahanan. Lantaran ada dua pemain asing yang kuat saat bertahan tidak dibawa dalam laga ini, yakni Choi Bo-Kyung dan Julian Guevara. Keduanya mengalami cedera.

Julian cedera gegar otak sedang saat benturan kepala di pekan pertama. Sedangkan Choi bermasalah dengan jari kakinya dalam sesi latihan di Malang.

Absennya mereka tentu mengurangi kekuatan Arema FC, meskipun Singo Edan masih punya 6 pemain asing dan pemain lokal.

“Ini momen pemain pengganti. Mereka dapat kesempatan tampil. Kami yakin mereka akan mengerahkan kemampuannya,” kata asisten pelatih Arema, Siswantoro.

Arema punya Syaeful Anwar untuk menggantikan posisi Choi. Sedangkan pengganti Julian, sudah ada pemain asing baru, Pablo Oliveira.

Selain dua pemain asing, ada satu pemain lokal yang masih jadi pasien tim medis, yakni Salim Tuharea. Dia mengalami cedera pada pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025. Namun, untuk posisi winger, Singo Edan punya banyak stok. Seperti Dedik Setiawan, Flabio Soares, hingga Tito Hamzah.

3 dari 5 halaman

Borneo FC Paham Permainan Arema FC

Para pemain Borneo FC merayakan gol yang dicetak oleh Leo Gaucho dalam laga perdana Liga 1 2024/2025 yang berlangsung di Stadion Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta Selatan, Senin (12/8/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Sementara kubu Borneo FC, pelatih Pieter Huistra mengaku sudah paham dengan permainan Arema FC, sehingga dia tahu harus seperti apa meredam Singo Edan.

“Kami sudah bermain menghadapi mereka di Final Piala Presiden. Sudah mengetahui juga seperti apa Arema. Mereka tim yang kuat secara fisik,” terang pelatih asal Belanda itu.

Sedangkan dari materi pemain, kondisi Borneo FC berbanding terbalik dengan Arema FC. Saat tuan rumah kehilangan dua pemain asing, justru Borneo FC dapat tambahan dua asing.

“Dua pemain asing kami tidak bisa bermain pada pekan pertama karena kendala adminstrasi. Jadi, kami punya dua pemain baru untuk lawan Arema,” tegasnya.

Dua pemain asing baru tersebut adalah Mariano Peralta dan Gabriel Furtado. Dua pemain ini punya posisi yang berbeda. Mariano beroperasi di sebagai sayap. Sedangkan Gabriel pemain belakang.

Keduanya bisa berkontribusi untuk membalas dendam atas kekalahan di partai puncak Piala Presiden 2024.

4 dari 5 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

BRI Liga 1 - Logo BRI Liga 1 2024/2025 dan Logo Emtek (Bola.com/Adreanus Titus)

 

  • Arema FC (4-3-3): Lucas Frigeri (kiper); Achmad Maulana, Thales Lira, Syaeful Anwar, Ahmad Alfarizi (belakang); Pablo Oliveira, Arkhan Fikri, Wiliam Marcilio (tengah); Dedik Setiawan, Charles Lokolingoy, Dalberto (depan).
  • Pelatih: Joel Cornelli
  • Borneo FC (4-3-3): Nadeo Argawinata (kiper); Fajar Fathurrahman, Ronaldo Rodrigues, Nduwarugira, Leo Guntara (belakang); Kei Hirose, Rivaldo Enero, Berguinho (tengah); Terens Puhiri, Leo Gaucho, Stefano Lilipaly (depan).
  • Pelatih: Pieter Huistra.

Prediksi Bola.com: Arema FC 50-50 Borneo FC

Sabtu, 17 Agustus 2024

Kick Off 15.30

Stadion Soepriadi, Kota Blitar

Live streaming: Vidio

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Berita Terkait