Awal Karier Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia Ternyata Berawal dari Stadion Bukit Jalil Malaysia

oleh Hery Kurniawan diperbarui 17 Agu 2024, 09:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memimpin sesi latihan skuadnya di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (28/6/2024) (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong kini menjadi idola di Indonesia. Shin dianggap sukses meningkatkan prestasi Timnas Indonesia.

Baru-baru ini Shin Tae-yong bercerita kembali mengenai awal kariernya sehingga bisa menjadi pelatih Timnas Indonesia. Awalnya, Shin tidak pernah berpikir akan mendapatkan pekerjaan itu.

Advertisement

"Selama menjadi pelatih, saya tidak pernah berpikir akan pergi ke Indonesia," ungkap Shin Tae-yong di kanal Youtube, KBS World Indonesian.

Timnas Indonesia memang jauh dari jangkauan Shin Tae-yong. Apalagi sebelumnya Shin pergi ke Piala Dunia 2018 sebagai pelatih Timnas Korea Selatan.

2 dari 3 halaman

Berawal dari Bukit Jalil

Pelatih Shin Tae-yong disambut hangat salah seorang pengurus PSSI saat tiba bersama Skuad Timnas Indonesia U-23 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (11/5/2024) pagi WIB usai berjuang di Piala Asia U-23 2024 di Qatar dan play-off Olimpiade Paris di Prancis. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ternyata awal mula perjumpaan Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia terjadi di Malaysia. Tepatnya di Stadion Bukit Jalil.

Shin Tae-yong hadir saat Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu proses negosiasi antara Shin dengan PSSI pun dimulai.

"Saat pertama kali ada tawaran dari Indonesia, saya melihat Indonesia seperti apa," katanya.  

"Ada pertandingan melawan Malaysia saya ingat Indonesia kalah 2-0. Saat itu PSSI dan para staf datang ke Malaysia untuk meeting dengan saya sambil menonton pertandingan itu," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Suka Tantangan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) berusaha menutupi brand yang berada di laptop milik penerjemah Jeong Seok-seo saat konferensi pers menjelang laga Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (28/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Shin Tae-yong awalnya merasa ragu apakah akan menerima tawaran untuk melatih Timnas Indonesia atau tidak. Apalagi level permainan Tim Garuda saat itu begitu buruk.

Namun, pada akhirnya Shin Tae-yong menerima tawaran itu. Sebab, Shin merasa dirinya suka dengan tantangan dan sedikit nekat.

"Sebenarnya saya bertanya-tanya apakah saya bisa meningkatkan tim ini, tetapi karena saya suka tantangan yang sulit dan nekat saya pikir akan seru kalau dicoba," tandasnya.

Sumber: KBS World Indonesian

Berita Terkait