Shin Tae-yong Bocorkan Ada 10 Tawaran Datang Sebelum Menerima Perpanjangan Kontrak dari PSSI

oleh Hery Kurniawan diperbarui 17 Agu 2024, 15:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang memberikan instruksi saat latihan Timnas Indonesia jelang menghadapi Kamboja pada Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (20/12/2022). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong belum lama ini sepakat untuk memperpanjang kontrak bersama Timnas Indonesia. Shin akan menukangi Tim Garuda hingga 2027. 

Shin Tae-yong memiliki pengakuan menarik. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut banyak mendapatkan tawaran sebelum adanya kontrak baru dari Timnas Indonesia. 

Advertisement

Bahkan, tawaran yang datang kepada Shin Tae-yong sangat banyak dengan gaji yang menggiurkan. Bahkan, menurut pengakuan Shin, paling tidak ada 10 tawaran yang datang kepada dirinya.

"Saya sudah perpanjang kontrak jadi saya bisa mengatakannya, ada sekitar 10 tempat yang mengundang saya," ungkap Shin Tae-yong kepada KBS World Indonesian.

2 dari 3 halaman

Tidak Memanfaatkan Momentum

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan penerjemahnya Jeong Seok-seo saat menonton laga Grup H Piala Dunia FIBA 2023 antara Kanada melawan Latvia di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Selasa (29/08/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Shin Tae-yong sebenarnya ada dalam posisi yang menguntungkan. Banyaknya tawaran yang datang kepada dirinya bisa saja digunakan untuk menekan PSSI. 

Shin Tae-yong misalnya bisa menekan PSSI untuk menaikkan tawarannya agar ia tetap mau melatih Timnas Indonesia. Namun, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu mengaku tidak melakukan hal itu.

"Meski ada banyak sekali tawaran yang bagus, saya tidak pernah memanfaatkannya untuk bernegosiasi dengan PSSI sebagai persyaratan perpanjangan kontrak saya," jelas Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Mudah

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lebih lanjut, Shin Tae-yong merasa sangat mudah menerima tawaran perpanjangan kontrak dari PSSI untuk tetap menukangi Timnas Indonesia.

Shin merasa kerja kerasnya selama ini mulai membuahkan hasil. Ia merasa sangat sayang untuk meninggalkan hal itu secara tiba-tiba.

Shin Tae-yong juga tidak goyah dengan tawaran dari pihak lain. Meski gaji yang diterima jauh lebih besar.

"Ketika mendapatkan tawaran dari tempat lain saya tidak goyah dan dengan mudah menerima tawaran dari Indonesia," tandasnya. 

Berita Terkait