Telat Didaftarkan, Debut Maarten Paes Tertunda! Dipastikan Absen saat Timnas Indonesia Bertandang ke Arab Saudi

oleh Hery Kurniawan diperbarui 21 Agu 2024, 13:00 WIB
Kiper FC Dallas, Maarten Paes menangkap bola saat laga lanjutan MLS (Major League Soccer) 2024 melawan Inter Miami di Cotton Bowl, Dallas, Texas, 22 Januari 2024. (AFP/Getty Images/Carmen Mandato)

Bola.com, Jakarta - Debut Maarten Paes bersama Timnas Indonesia harus tertunda. Awalnya, Paes direncanakan akan dimainkan saat Skuad Garuda bertandang ke markas Arab Saudi dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, 5 September mendatang.

Maarten Paes harus bersabar. Sebab, penjaga gawang milik FC Dallas itu terganjal aturan yang dimiliki AFC.

Advertisement

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga menjelaskan pendaftaran pemain untuk pertandingan pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sudah ditutup sejak 5 Agustus lalu.

Sementara Maarten Paes baru selesai proses perpindahan federasi dari KNVB menuju PSSI pada 18 Agustus yang lalu.

"AFC mengatakan bahwa kita harus mendaftarkan pemain untuk match pertama pada tanggal 5 Agustus 2024, sementara, kemarin, prosesnya baru selesai 18 Agustus," ungkap Arya lewat kanal Youtube miliknya.

2 dari 3 halaman

Melawan Australia

Maarten Paes dilantik menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). (Bola.com/Dok.Kemenkumham DKI Jakarta).

Namun, Arya Sinulingga meminta masyarakat tidak khawatir. Sebab, Maarten Paes bisa segera diturunkan untuk membela Timnas Indonesia.

Maarten Paes dipastikan bisa didaftarkan saat Timnas Indonesia menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 10 September mendatang.

"Kita kan lawan Australia tanggal 10 September, berarti batasnya tanggal 3 September. Jadi, Maarten Paes sudah didaftarkan dan sudah bisa main lawan Australia," tandas Arya.

3 dari 3 halaman

Andalkan Ernando?

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (kiri) memeluk kiper Ernando Ari Sutaryadi jelang dimulainya pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Absennya Maarten Paes bisa membuka jalan bagi penjaga gawang lain. Ernando Ari terdepan untuk menjadi starter saat Timnas Indonesia bertandang ke markas Arab Saudi.

Selama ini Ernando Ari memang menjadi andalan di bawah mistar Timnas Indonesia. Kiper berusia 22 tahun itu cukup bisa diandalkan.

Penjaga gawang Timnas Indonesia yang lain seperti Muhammad Adi Satryo, Nadeo Argawinata, atau Muhammad Riyandi juga bisa diberi kesempatan.

Berita Terkait