Masih Bertekad Boyong Manuel Ugarte dari PSG Bursa Transfer Ditutup, MU Harus Siap Bayar Mahal

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 27 Agu 2024, 15:15 WIB
Manuel Ugarte segera jadi pemain Manchester United (AFP)

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) masih bersikeras mendapatkan Manuel Ugarte dari Paris Saint-Germain (PSG) sebelum bursa transfer musim panas 2024 ditutup. The Red Devils disebut harus siap membayar mahal demi mewujudkan transfer itu.

Memperbarui lini tengah memang menjdi prioritas bagi manajer MU, Erik ten Hag, pada pekan terakhir bursa transfer musim panas ini. Ugarte pun masih menjadi target utama.

Advertisement

MU berambisi untuk mempersolid lini tengah dengan tambahan gelandang baru sebelum bursa transfer ditutup. Meskipun klub menyatakan kesepakatan untuk sang pemain tak tergantung sepenuhnya terhadap penjualan pemain, langkah untuk mengamankan Ugarte, yang dibanderol 60 juta euro oleh PSG, memerlukan dana signifikan.

Rencana awalnya, agar dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar, MU disebut-sebut akan melepas Hannibal Mejbri ke Burnley dengan status pinjaman awal yang akan menjadi permanen. Sementara MU juga sudah mencapai kesepakatan untuk menjual Scott McTominay ke Napoli.

2 dari 5 halaman

Erik ten Hag Inginkan Ugarte dan McTominay

Manajer Manchester United Erik ten Hag menyaksikan jalannya pertandingan Liga Inggris saat melawan Manchester City di Old Trafford, Minggu, 29 Oktober 2023. (Paul ELLIS / AFP)

Perkiraannya, biaya yang masuk untuk melepas McTominay ada di kisaran 30 juta euro, dengan klausul penjualan yang juga masuk dalam kesepakatan.

Menggantikan pemain serbaguna seperti McTominay dengan sosok Ugarte mungkin tampak sebagai sebuah keputusan yang mudah. Namun, dalam situasi ideal, Erik ten Hag mungkin ingin memiliki kedua pemain di dalam skuad MU asuhannya.

Meski Ugarte mungkin tidak akan menjadi pemain utama di MU, dia telah membuktikan kualitasnya sebagai opsi yang andal yang siap berkorban demi kebaikan tim.

Tanpa kontribusi yang diperlihatkannya pada musim lalu, Erik ten Hag mungkin tidak akan berada di posisi saat ini. Dia selalu memberikan ruang untuk pemain yang memberikan esgalanya untuk tim.

3 dari 5 halaman

Punya Keinginan Mempertahankan Scott McTominay

Selebrasi gelandang Manchester United, Kobbie Mainoo (kiri) bersama rekannya, Scott McTominay setelah mencetak gol keempat ke gawang Wolverhampton Wanderers pada laga pekan ke-22 Premier League 2023/2024 di Molineux Stadium, Wolverhampton, Kamis (1/2/2024). (AP Photo/Rui Vieira)

Sebagian besar pembicaraan mengenai McTominay berfokus kepada apa yang tidak bisa dilakukannya, padahal seharusnya lebih menyorot apa yang bisa dilakukannya.

Meski dia mungkin tidak menjadi pilihan taktik yang sempurna untuk model permainan Erik ten Hag, fisik dan etos kerja mebuatnya menjadi anggota skuad yang berharga untuk berbagai skenario.

"Jika Anda mencetak 10 gol dalam satu musim dan tampil sangat baik untuk Skotlandia, pasti ada yang berminat," ujar Erik ten Hag mengenai McTominay.

"Kami sebenarnya ingin mempertahankannya karena dia adalah pemain yang sangat penting untuk skuad ini. Kami telah melihat apa yang bisa dia kontribusikan musim lalu."

"Ketika kami memiliki enam gelandang dan dia bisa bermain di posisi yang lebih ke depan ,dia adalah pemain yang sangat menarik untuk kami," lanjut manajer MU itu.

4 dari 5 halaman

Keputusan Strategis

Kedatangan Erik ten Hag sebagai pelatih di Manchester United berhasil membawa Setan Merah bangkit dari keterpurukan pada beberapa musim terakhir. Langkah-langkah pelatih berkebangsaan Belanda tersebut dinilai tepat dan mujarab. Pasalnya, Ten Hag berhasil mendongrak performa MU yang saat artikel ini dibuat (19/01/2023) berhasil menempati urutan ketiga dengan raihan poin yang sama dengan Manchester City yang berada di atasnya, yaitu 39 poin. Berikut ini daftar sentuhan mujarab Erik ten Hag yang bikin MU kembali bangkit di Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

Sayangnya bagi sang manajer, Scott McTominay juga merupakan sebuah kemewahan. Dengan penilaian sebesar 30 juta pound, masuk akal menjual pemain dengan harga tersebut, terutama karena itu akan diklasifikasikan sebagai keuntungan murni dalam bisnis mengingat dia adalah jebolan akademi MU.

Penjualan McTominay tidak hanya akan memfasilitasi transfer untuk mengembangkan skuad dengan mendatangkan Ugarte, tetapi juga akan meredakan situasi keuangan untuk mempertimbangkan tambahan skuad lebih lanjut, baik sebelum batas waktu transfer atau bahkan dalam jendela transfer jika diperlukan.

Dengan penambahan spesialis baru, MU juga akan kehilangan seorang spesialis skuad. Ini adalah langkah strategis yang memperlihatkan bagaimana klub berusaha menyeimbangkan kualitas dan kekuatan finansial untuk musim yang akan datang.

Sumber: Manchester World

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait