4 Pemain Minim Menit Bermain di Klub Tetap Dapat Tempat di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Tidak Banyak Opsi

oleh Hery Kurniawan diperbarui 31 Agu 2024, 22:35 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan pemainnya, Marselino Ferdinan berfoto bersama saat konferensi pers mengelang laga semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (05/01/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah mengumumkan skuad yang digunakan untuk menghadapi dua laga awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mayoritas pemain yang kembali mendapatkan tempat di skuad Timnas Indonesia adalah mereka yang selama ini menjadi langganan. Sangat minim nama pemain baru.

Advertisement

Namun, ada empat pemain langganan Timnas Indonesia yang minim mendapatkan kesempatan bermain di level klub masing-masing. Mereka adalah Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye.

Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan bahkan sudah lama menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sementara Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye adalah andalan baru Shin karena keduanya belum lama berstatus sebagai WNI.

2 dari 4 halaman

Kondisi Berbeda

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin sesi latihan di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sebagai persiapan jelang menghadapi Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Bola.com/Abdul Aziz)

Pratama Arhan memang sangat sulit mendapatkan menit bermain sejak ia meninggalkan PSIS Semarang. Arhan tampak terasing di Tokyo Verdy dan kini di Suwon FC.

Kondisi berbeda dialami oleh Marselino Ferdinan dan Ragnar Oratmangoen. Kedua pemain itu baru menemukan klub baru di bursa transfer musim panas 2024.

Sementara Thom Haye malah belum menemukan klub baru. Haye disebut semakin dekat dengan Oxford United belakangan ini.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Shin Tae-yong

Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen (kanan) berusaha mengontrol bola di depan pemain Irak, Rebin Sulaka pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas Indonesia menghadapi Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Shin Tae-yong pun mencoba menjelaskan keputusannya tetap memanggil Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye ke Timnas Indonesia. Shin mengaku sedikit khawatir dengan kondisi keempatnya.

Namun, Shin Tae-yong menyebut opsi pemain berkualitas yang bisa mendapatkan tempat di Timnas Indonesia cukup terbatas saat ini.

"Memang hal-hal seperti itu yang saya khawatirkan, tetapi karena tidak ada pengganti pemain- seperti itu, jadi mau tidak mau kami tetap panggil pemain tersebut," ujarnya.

"Jadi situasinya memang mau tidak mau seperti itu," jelas Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Skuad Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak oleh Jay Idzes (kedua kiri) pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam di My Dinh Stadium, Vietnam, Selasa (26/03/2024). (Dok.PSSI)

Kiper: Ernando Ari (Persebaya), Adi Satryo (PSIS), Nadeo Argawinata (Borneo FC), Maarten Paes (FC Dallas)

Belakang: Wahyu Prasetyo (Malut United), Asnawi Mangkualam (Port FC), Justin Hubner (Wolves), Pratama Arhan (Suwon FC), Calvin Verdonk (NEC Nijmegen), Muhammad Ferarri (Persija), Rizky Ridho (Persija), Shayne Pattynama (KAS Eupen), Jay Idzes (Venezia), Sandy Walsh (KV Mechelen)

Tengah: Ricky Kambuaya (Dewa United), Nathan Tjoe-A-On (Swansea City), Egy Maulana Vikri (Dewa United), Thom Haye (belum ada klub), Witan Sulaeman (Persija), Ivar Jenner (FC Utrecht), Marselino Ferdinan (Oxford United)

Depan: Ragnar Oratmangoen (FCV Dender), Hokky Caraka (PSS), Rafael Struick (Ado Den Haag), Ramadhan Sananta (Persis), Dimas Drajad (Persib)

Berita Terkait