Buka-Bukaan Pelatih Striker Timnas Indonesia, Ungkap Banyak Kekurangan Para Bomber Garuda: Tapi Sudah Ada Perubahan

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 01 Sep 2024, 13:00 WIB
Para pemain Timnas Indonesia melakukan jogging saat mengikuti sesi latihan di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sebagai persiapan jelang menghadapi Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Pelatih striker Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun, buka-bukaan dengan kualitas para penyerang tim berjulukan Garuda itu. Bagaimana penilaiannya terhadap kemampuan Ramadhan Sananta dkk?

Latihan Timnas Indonesia berisikan tiga bomber pada 30-31 September 2024 di Jakarta untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Advertisement

Ketiganya adalah Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, dan Hokky Caraka. Timnas Indonesia sebenarnya masih memiliki Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen di lini depan.

Namun, keduanya tidak mengikuti latihan di Jakarta. Struick dan Oratmangoen bakal bergabung dengan Timnas Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, antara satu sampai dua hari ke depan.

2 dari 5 halaman

Ungkapan Yeom Ki-hun

Timnas Indonesia menggelar latihan terakhir di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) jelang keberangkatan ke Jeddah, Arab Saudi untuk menghadapi tuan rumah Arab Saudi pada laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (5/9/2024). Latihan diikuti 11 pemain, minus satu penjaga gawang Adi Satryo yang berhalangan. Sejatinya ada 26 pemain yang dipanggil, tetapi 14 lainnya berkiprah di luar negeri. Ke-14 pemain ini tidak berkumpul di Jakarta, namun langsung bergabung di Jeddah pada 1 dan 2 September. (Bola.com/Abdul Aziz)

Yeom Ki-hun sempat tidak menyangka para bomber Timnas Indonesia telah dibekali kekuatan dan kondisi fisik yang bagus. Namun, pria yang baru ditunjuk sebagai asisten Shin Tae-yong ini tetap menemukan berbagai kekurangan.

"Jujur, menurut saya, tadinya saya pikir para striker Timnas Indonesia kurang power. Ternyata power dan fisik sudah ada. Tetapi mereka tidak tahu bagaimana cara memakainya," ujar Yeom Ki-hun.

"Keseimbangannya yang agak kurang dan agak jelek. Jadi sering kehilangan bola. Setelah menerima bola juga, mereka tidak tahu caranya makanya sering hilang bola," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Ada Perubahan

Setelah dua hari berbagi ilmu dan memberikan menu latihan kepada Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, dan Hokky Caraka, Yeom Ki-hun menilai bahwa ketiganya sudah mengalami peningkatan.

"Tapi dari latihan dua hari ini, sudah ada perubahan," ungkap mantan pelatih Suwon Bluewings di Liga Korea Selatan tersebut.

4 dari 5 halaman

Lawan Arab Saudi dan Australia

Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menantang tuan rumah Arab Saudi di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada 5 September 2024.

Lima hari berselang, tim dengan julukan Garuda itu bakal meladeni perlawanan Timnas Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

5 dari 5 halaman

26 Pemain Timnas Indonesia Vs Timnas Arab Saudi dan Timnas Australia

Kiper

1. Maarten Paes (FC Dallas, Amerika Serikat)

2. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

3. Muhammad Adi Satryo (PSIS Semarang)

4. Nadeo Argawinata (Borneo FC)

Bek

5. Jay Idzes (Venezia, Italia)

6. Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21, Inggris)

7. Rizky Ridho (Persija Jakarta)

8. Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)

9. Wahyu Prasetyo (Malut United)

10. Calvin Verdonk (NEC Nijmegen, Belanda)

11. Nathan Tjoe-A-On (Swansea City, Inggris)

12. Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia)

13. Shayne Pattynama (KAS Eupen, Belgia)

14. Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand)

15. Pratama Arhan (Suwon FC, Korea Selatan)

Gelandang

16. Thom Haye (Tanpa Klub)

17. Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda)

18. Marselino Ferdinan (Oxford United, Inggris)

19. Egy Maulana Vikri (Dewa United)

20. Witan Sulaeman (Persija Jakarta)

21. Ricky Kambuaya (Dewa United)

Penyerang

22. Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda)

23. Ragnar Oratmangoen (FCV Dender, Belgia)

24. Ramadhan Sananta (Persis Solo)

25. Dimas Drajad (Persib Bandung)

26. Hokky Caraka (PSS Sleman)

Berita Terkait