900 Kali Jebol Gawang Lawan, Ini Rincian Gol Cristiano Ronaldo untuk Klub dan Timnas Portugal

oleh Choki Sihotang diperbarui 07 Sep 2024, 18:15 WIB
Ilustrasi - Cristiano Ronaldo Al Nassr (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Bola.com, Jakarta - Bicara tentang Cristiano Ronaldo seakan tak ada habisnya. Superstar yang satu ini tetap saja menjadi magnet berita, kapan dan di mana pun ia berada.

Advertisement

Kendati tak lagi muda, penyerang klub Al Nassr, Arab Saudi, berusia 39 tahun itu sama sekali belum menunjukkan tanda penurunan. Baik fisik, stamina, terlebih soal urusan mencatak gol.

Bagaimana tidak, Cristiano Ronaldo menjadi pemain pria pertama yang mencetak 900 gol resmi dalam kariernya.

Banyaknya torehan gol yang diceploskanny menjadi bukti kalau veteran Timnas Portugal sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola.

Pemilik lima Ballon d'Or kelahiran Madeira sejauh ini sudah melakoni 1.230 pertandingan selama kariernya yang telah berlangsung lebih dari dua dekade.

Gol-golnya membuatnya memenangkan segepok gelar seperti satu Euro bersama Timnas Portugal, lima mahkota Liga Champions UEFA, empat Piala Dunia Antarklub FIFA, tujuh kemenangan Liga domestik, dan enam piala domestik.

Cristiano Ronaldo mencetak gol yang produktif untuk setiap tim yang diwakilinya sepanjang kariernya, dengan rata-rata 0,73 gol per pertandingan. Berikut rincian golnya:

2 dari 7 halaman

Real Madrid

Cristiano Ronaldo di depan penghargaan Ballon d'Or yang didapatkannya. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak untuk klub Spanyol yang terkenal itu, mencetak setengah dari total jumlah gol sepanjang kariernya untuk Los Blancos.

Bintang Portugal itu mengantongi 450 gol dalam 438 pertandingan di ibu kota Spanyol itu. Ia meninggalkan klub pada 2018 setelah sembilan tahun dengan rasio gol per pertandingan yang fenomenal, yakni 1,02 gol per pertandingan.

3 dari 7 halaman

Manchester United

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Ruud van Nistelrooy membawa Manchester United (MU) menjuarai Piala FA 2004. (AFP/Jim Watson)

Cristiano Ronaldo membuktikan dirinya sebagai bintang sejati di klub raksasa Inggris itu setelah pindah dari Portugal saat remaja. Ia mencetak 145 gol dari 346 pertandingan dalam dua periode.

Meskipun perolehan gol per pertandingannya di sini adalah salah satu yang terendah, yakni 0,41 per pertandingan, ia tetap dikagumi oleh para penggemar klub itu selama waktunya bersama mereka.

4 dari 7 halaman

Juventus

Cristiano Ronaldo. Striker yang kini berseragam Manchester United ini melakukannya 4 kali ke gawang Ajax, Bayern Munchen dan Atletico Madrid. Yang teranyar saat Juventus menang 3-0 atas Atletico Madrid di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019, 12 Maret 2019. (AFP/Filippo Monteforte)

Cristiano Ronaldo mencetak 101 gol untuk klub raksasa Italia Juventus dalam tiga tahun setelah ia meninggalkan Real Madrid.

Ia membuktikan bahwa ia tidak berniat melambat, mengantongi golnya dalam 134 pertandingan dengan rata-rata gol per pertandingan yang menakutkan sebesar 0,75.

5 dari 7 halaman

Sporting CP

Cristiano Ronaldo saat masih berseragam Sporting CP pada 2002. (AFP/Antonio Cotrim)

Cristiano Ronaldo memulai kariernya dengan klub raksasa Portugal di tanah kelahirannya dan telah mencetak gol paling sedikit bagi mereka di antara semua timnya.

Ia hanya memainkan 31 pertandingan untuk tim yang bermarkas di Lisbon tersebut sebelum pindah ke Manchester United pada 2003. Ia mengantongi rata-rata gol per laga sebesar 0,16 atau yang terendah untuk tim mana pun yang dibelanya.

6 dari 7 halaman

Al-Nassr

Pemain Al-Nassr, Cristiano Ronaldo berusaha mencetak gol dari situasi tendangan bebas ke gawang Damac pada laga lanjutan Liga Arab Saudi di King Saud University Stadium, Riyadh, Arab Saudi, 21 Oktober 2023. (AFP/Fayez Nureldine)

Setelah kepergian yang kontroversial untuk kedua kalinya dari Old Trafford pada musim dingin 2022, Cristiano Ronaldo memulai petualangan di Liga Pro Saudi.

Ia mencetak gol secara teratur, mencetak 62 gol dalam 68 penampilan dengan rata-rata gol sebesar 0,91 di usianya yang sudah 30-an.

7 dari 7 halaman

Timnas Portugal

Cristiano Ronaldo gagal membawa Timnas Portugal lolos ke semifinal Euro 2024. A Selecao das Quinas harus terhenti pada perempat final, setelah kalah adu penalti 3-5 (0-0) dari Timnas Prancis di Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Hassan Ammar)

Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak tidak hanya untuk negaranya, tetapi juga dalam dunia sepak bola internasional dengan 131 gol untuk Portugal dalam kariernya yang berlangsung selama dua dekade.

Gol-golnya tercipta dalam 213 pertandingan, sehingga ia mencetak 0,61 gol per pertandingan untuk negaranya.

Ia mencetak gol ke-900 dalam kariernya untuk negaranya di UEFA Nations League melawan Kroasia pada hari Kamis, 5 September.

Sumber: Sportskeeda

Berita Terkait