Media Korea Mulai Bandingkan Timnya dengan Timnas Indonesia yang Imbangi Arab Saudi: Gap-nya Sudah Dekat!

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 09 Sep 2024, 16:50 WIB
Laga dramatis harus dilalui Korea Selatan untuk melangkah ke babak perempatfinal Piala Asia 2023. Menghadapi Arab Saudi di babak 16 besar, Rabu (31/1/2024) dini hari WIB di Education City Stadium, Son Heun-min dkk nyaris tersingkir setelah hingga masa injury time masih tertinggal 0-1 hasil gol Abdullah Radif pada menit ke-46. Korea Selatan baru mampu menyamakan skor 1-1 di pengujung masa injury time pada menit 90+9. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti setelah dalam 2x15 menit masa perpanjangan tak ada gol tercipta. Di babak tos-tosan, empat penendang pertama Korea Selatan mampu mencetak gol, sementara dua penendang Arab Saudi gagal. Korea selatan pun menang 4-2 dalam adu penalti. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia terus mendapat sorotan dari media Korea Selatan setelah mengimbangi Arab Saudi 1-1 pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Media Korea, Sportivnews, menulis ulasan dengan judul "Mereka berjuang jauh lebih baik dari Korea Selatan, Sihir Shin Tae-yong' Indonesia mendapat hasil imbang berharga saat bertandang ke Arab Saudi, mendapat poin di babak kualifikasi ketiga untuk pertama kalinya dalam sejarah."

Advertisement

"Di bawah asuhan pelatih kepala Shin Tae-yong, Indonesia semakin hari semakin memperkecil ketertinggalan dengan negara-negara besar Asia. Banyak prestasi yang telah diraihnya selama bermain untuk tim nasional A dan U-23," lanjut artikel yang ditulis Cho Yong-woon.

Timnas Indonesia mengawali R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan 1 poin dari kandang Arab Saudi yang terkenal angker. Selanjutnya, Thom Haye dkk. akan meladeni Australia di SUGBK, Jakarta, Selasa (8/9/2024).

2 dari 4 halaman

Kuda Hitam

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen (kanan) bersama Witan Sulaeman setelah menjebol gawang Arab Saudi pada laga matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (Instagram PSSI)

Media tersebut lalu mengulas pencapaian Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong.

"Sejak ditunjuk pada tahun 2019, ia berhasil meloloskan Indonesia ke Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, lolos ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya, mencapai empat besar Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya, dan naik 40 peringkat dalam peringkat FIFA," lanjut mereka.

Kini, setelah mengimbangi Arab Saudi, peringkat Indonesia naik lagi menjadi 131.

3 dari 4 halaman

Mengejutkan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berjalan ke arah suporter merayakan kemenangan 1-0 atas Vietnam setelah berakhirnya laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)  

"Piala Asia di Qatar yang digelar awal tahun ini telah mengejutkan dunia sejak panggung utamanya. Pelatih Shin Tae-yong yang membawa Indonesia A ke Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 17 tahun, berhasil membawa mereka ke fase gugur untuk pertama kalinya dalam sejarah," tulis Sportivnews.

"Selanjutnya, mereka finis di posisi keempat Piala Asia U-23 yang juga merupakan ajang kualifikasi Olimpiade Paris, dan memperoleh tiket ke babak playoff. Kekalahan 0-1 dari Guinea dalam pertarungan play-off berakhir dengan KO untuk Olimpiade, tetapi penampilan Shin Tae-yong-ho di semua usia adalah bukti bahwa sepak bola Indonesia membaik."

4 dari 4 halaman

Berita Terkait