Foto: Tak Bernilai di Olimpiade Paris 2024, Raygun Puncaki Peringkat Tertinggi Olahraga Breakdance

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 13 Sep 2024, 11:12 WIB
Breaker asal Australia, Rachael Gunn atau dikenal dengan Raygun atau B-Girl Raygun menjadi viral setelah aksinya di Olimpiade Paris 2024. Gerak tariannya yang tak lazim, seperti menirukan lompat kanguru, membuat juri memberinya nilai nol. Hal itu juga membuat dirinya ramai-ramai mendapatkan kritikan di dunia maya. Gerakannya dijadikan lelucon oleh para warganet. (AFP/Odd Andersen)
Namun, dalam rilis terbaru World DanceSport Federation (WDSF), Raygun kini menempati peringkat breaker nomor satu dunia. Hasil tersebut tak lepas dari hasil apik Raygun di kejuaraan kontinental Oceania pada bulan Oktober 2023 membuatnya memperoleh 1.000 poin. (AP Photo/Frank Franklin)
Hal tersebut membuat banyak orang dalam komunitas breaking mengkritik peringkat tersebut karena tidak memberikan gambaran yang jelas tentang breaking sebagai olahraga dan sebagai budaya. (AFP/Odd Andersen)
WDSF menyatakan bahwa peringkatnya diperbarui berdasarkan empat penampilan terbaik setiap atlet dalam 12 bulan terakhir. Poin yang diperoleh dalam kompetisi ini tetap berlaku selama 52 minggu sejak tanggal acara. Badan pengurus juga mengonfirmasi bahwa ajang kualifikasi Olimpiade di Shanghai dan Budapest, serta Olimpiade Paris sendiri, tidak berkontribusi pada daftar peringkat karena kuota atlet terbatas. Selain itu, WDSF mengatakan bahwa ajang yang secara tradisional memberikan poin peringkat tidak diadakan agar para peserta dapat sepenuhnya fokus pada persiapan Olimpiade. (AFP/Odd Andersen)