Mengenal Regulasi Skuad Liga Champions 2024/2025: Peluang Jebolan Akademi Sepanggung Bersama Bintang Besar

oleh Choki Sihotang diperbarui 17 Sep 2024, 14:45 WIB
Liga Champions - Ilustrasi Logo UEFA Champions League Musim 2024/2025 (Bola.com/Adreanus Titus)

 

Bola.com, Jakarta - Liga Champions 2024/2025 segera dimulai Selasa (17/9/2024) malam dan Rabu (18/9/2024) dini hari WIB. Sederet laga menarik tersaji, termasuk duel AC Milan kontra Manchester City. Menariknya, Liga Champions musim ini bergulir dengan format anyar.

Advertisement

Liga Champions merupakan ajang antarklub paling bergengsi di Eropa dan salah satu kompetisi tersulit di bawah kolong langit. Soalnya, kompetisi ini diikuti tim-tim terbaik di seantero Benua Biru.

Musim lalu, raksasa Spanyol, Real Madrid kembali tampil sebagai kampiun setelah mengalahkan wakil Jerman, Borussia Dortmund, dua gol tanpa balas di Wembley, Inggris.

Itu adalah kali ke-15 Los Blancos memenangkannya, tapi musim ini mereka harus mengikuti aturan penentuan skuad yang ketat.

Beberapa orang mungkin berpikir sepak bola hanya tentang membangun skuad terkuat dengan menggunakan pemain-pemain terbaik di dunia, tetapi ada aspek-aspek yang lebih rumit dan terperinci yang perlu diikuti.

Liga Champions merupakan contoh nyata, karena UEFA melakukan segala upaya untuk memastikan klub memiliki jumlah pemain tertentu dari negara asal mereka.

Liga ini telah menerima pujian dan kritik selama bertahun-tahun, dengan beberapa pihak meyakini bahwa lebih mudah bagi klub-klub besar untuk mengikutinya, tetapi, liga ini akan tetap ada.

Menjelang dimulainya musim Liga Champions 2024/2025, berikut beberapa regulasi baru terkait aturan skuad masing-masing kontestan, seperti dilansir Givemesport.

2 dari 6 halaman

Jumlah Pemain, Ada Daftar A dan B

Ilustrasi pengundian Liga Champions (UEFA.com)

Setelah penutupan bursa transfer musim panas pada awal September, setiap klub yang berkompetisi di kompetisi UEFA mana pun menyerahkan dua daftar kepada UEFA.

Daftar ini berbentuk Daftar A dan Daftar B dan menguraikan pemain mana yang dapat bermain di salah satu kompetisi paling bergengsi di dunia.

Daftar A

Pada Daftar A, tidak ada klub yang dapat memiliki lebih dari 25 pemain. Ini berarti bahwa mereka benar-benar dibatasi untuk menunjuk dua pemain inti penuh dan kemudian tiga pemain tambahan.

Dalam daftar ini, delapan tempat disediakan secara eksklusif untuk "pemain yang dilatih secara lokal" dan tidak ada klub yang boleh memiliki lebih dari empat "pemain yang dilatih oleh asosiasi" yang tercantum dalam delapan tempat ini pada Daftar A.

Daftar tersebut harus secara langsung menentukan pemain mana yang memenuhi syarat untuk ini, sehingga tidak ada kebingungan.

"Daftar ini mencakup nama belakang, nama depan, tanggal lahir, nomor kaus, kewarganegaraan, dan tanggal pendaftaran nasional semua pemain yang akan diturunkan dalam kompetisi klub UEFA yang dimaksud, serta nama belakang dan nama depan pelatih kepala dan asisten pelatih pertama," demikian pernyataan mereka dalam peraturan Liga Champions.

Daftar B

Daftar B, sebuah klub dapat mendaftarkan pemain dalam jumlah tak terbatas jika mereka lahir pada atau setelah 1 Januari 2003, untuk musim 2024/2025.

Selain itu, sejak ulang tahun ke-15 mereka, pemain tersebut harus telah bermain untuk klub tersebut selama dua tahun tanpa henti, atau total tiga tahun berturut-turut.

Ia dapat memiliki maksimal satu periode pinjaman ke klub dari asosiasi yang sama untuk jangka waktu tidak lebih dari satu tahun.

Setiap klub juga harus memiliki setidaknya dua penjaga gawang pada Daftar A, dan tiga setelah menggabungkan Daftar A dan B. Setiap pemain juga harus mengikuti aturan pemeriksaan khusus sebagaimana diuraikan di bawah ini.

"Semua pemain harus menjalani pemeriksaan medis sejauh yang ditetapkan dalam Peraturan Medis UEFA," kata peraturan UEFA.

"Setiap pemain harus terdaftar dengan benar pada asosiasi nasional mereka sebagai pemain untuk klub yang bersangkutan sesuai dengan aturan asosiasi itu sendiri dan FIFA, khususnya Peraturan FIFA tentang Status dan Transfer Pemain."

  

3 dari 6 halaman

Definisi Pemain yang Dilatih Asosiasi

ek Inter Milan, Milan Skriniar (kanan) membayangi gelandang Barcelona, Gavi pada laga Grup C Liga Champions 2022/2023 di San Siro Stadium, Milan (4/10/2022). Milan Skriniar yang musim depan dipastikan meninggalkan Inter Milan setelah 6 musim bersama Nerazzurri saat ini memiliki nilai pasar 60 juta euro atau setara Rp960 miliar. (AFP/Marco Bertorello)

Dari 25 pemain di Daftar A, delapan tempat disediakan khusus untuk "pemain yang dilatih secara lokal" — yang umumnya dikenal sebagai pemain lokal.

Pemain lokal mengacu pada "pemain yang dilatih oleh asosiasi", yang menyatakan bahwa mereka bermain di negara yang sama selama tiga tahun, terlepas dari kewarganegaraan pemain, antara usia 15 hingga 21 tahun.

Sebagai bagian dari ini, hanya empat pemain dari kategori ini yang akan dihitung di antara delapan pemain lokal atau lokal di Daftar A.

Musim sebelum ulang tahun ke-15 pemain dapat dihitung jika ulang tahun pemain tersebut setelah pertandingan terakhir kejuaraan nasional yang relevan tetapi sebelum tanggal 30 Juni.

Sementara itu, musim setelah ulang tahun ke-21 pemain dapat dihitung jika ulang tahun pemain tersebut pada atau setelah tanggal 1 Juli, tetapi sebelum pertandingan pertama musim berikutnya yang relevan.

Aturan itu pertama kali diperkenalkan pada musim 2006/07 dan diberlakukan sepenuhnya pada awal musim 2008/2009.

4 dari 6 halaman

Definisi Pemain yang Dilatih Klub

Rico Lewis yang saat ini tengah menjalani musim kedua bersama Manchester City sejak dipromosikan ke tim senior pada awal musim 2022/2023 tercatat menjadi salah satu pemain termuda yang melakukan debut bersama Man City di ajang Liga Champions. Saat berusia 17 tahun, 5 bulan dan 24 hari ia melakoni debut di Liga Champions saat diturunkan menghadapi tim tamu FC Copenhagen pada matchday ke-3 Grup G UCL musim 2022/2023 (5/10/2022). Tampil pada 33 menit terakhir menggantikan Joao Cancelo, ia ikut membawa Man City menang 5-0 atas FC Copenhagen. (AFP/Oli Scarff)

Dalam tantangan yang lebih besar bagi klub, tim harus memiliki setidaknya empat pemain "pelatihan klub" untuk masuk dalam daftar delapan pemain "pelatihan lokal".

Ini merujuk pada pemain yang terdaftar dalam klub, terlepas dari kewarganegaraan dan usia pemain, setidaknya selama tiga tahun antara usia 15 dan 21 tahun.

Ini sering kali menjadi tantangan bagi klub untuk diikuti jika mereka tidak memiliki akademi kelas dunia, tetapi tidak semua harapan hilang jika mereka tidak memiliki empat pemain.

Jika sebuah tim gagal memenuhi kuota delapan pemain, maka ukuran skuad harus dikurangi. Misalnya, jika sebuah klub hanya mencantumkan tujuh pemain yang dilatih secara lokal, maka mereka hanya diperbolehkan mencantumkan 24 pemain dalam Daftar A.

Ini hanya memengaruhi Daftar A, jadi ada celah dalam menggunakan pemain yang lebih muda pada Daftar B yang belum memenuhi kriteria.

5 dari 6 halaman

Pemain Baru di Tengah Musim

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

Sisi finansial sepak bola berarti klub selalu berupaya mengembangkan skuad mereka sepanjang musim. Pada Januari, mereka diberi kesempatan untuk memperkuat skuad mereka guna mencapai tujuan, yang sering kali menyebabkan kekacauan di antara tim-tim di seluruh Eropa saat mereka berupaya mendatangkan pemain terbaik di bulan pertama pada tahun tersebut.

Jika suatu tim memutuskan untuk merekrut seseorang, mereka biasanya dapat mendaftarkannya untuk kompetisi UEFA.

Konfederasi mengizinkan klub untuk mendaftarkan maksimal tiga pemain baru yang memenuhi syarat sebelum babak sistem gugur, tetapi klub harus mengomunikasikan keputusan tersebut kepada mereka paling lambat 2 Februari.

Ukuran skuad dalam Daftar A tidak boleh melebihi 25 pemain. Oleh karena itu, jika suatu klub harus mendaftarkan tiga pemain baru, maka harus ada pemain yang diganti.

Sebelum 2018, pemain tidak dapat bermain untuk dua tim yang berbeda dalam kompetisi UEFA. Hal itu dianggap sebagai kepentingan promosi yang adil, tetapi sebenarnya, hal itu hanya menyebabkan transfer gagal jika tidak dapat bermain di kompetisi terbesar di dunia — meskipun hanya untuk setengah musim.

Hal ini dihapuskan pada 2018, dan kini memungkinkan pemain mana pun, bahkan jika mereka diturunkan untuk klub lain dalam fase kualifikasi, play-off, atau babak penyisihan grup Liga Champions, bermain untuk tim baru setelah transfer kepindahan di bursa transfer Januari.

 

6 dari 6 halaman

Menimbulkan Pro dan Kontra

James Milner diketahui telah mencatatkan 280 kali penampilan dengan mencetak 26 gol dan 44 assist. Bergabung dari Manchester City pada 2015, Milner telah memenangkan banyak trofi bergengsi bersama Liverpool, seperti gelar juara Liga Inggris dan Piala Liga Champions. (AFP/Javier Soriano)

Seperti halnya setiap aspek dalam sepak bola, memang olahraga ini akan selalu disukai oleh sebagian orang dan dibenci oleh sebagian lainnya. Secara khusus, aturan yang dibuat di dalam negeri merupakan contoh nyata dari hal ini.

Aturan ini dibuat untuk membantu negara-negara membina bakat muda alih-alih merekrut pemain. Aturan ini berhasil dalam beberapa kasus, khususnya Phil Foden, salah satu pemain terbaik di dunia, yang tampil gemilang di Manchester City.

Ketika diperkenalkan pada 2008, aturan ini awalnya mendapat pujian dari klub-klub di seluruh Eropa.

"Para pemain yang sedang dikembangkan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk menunjukkan bakat mereka di level tim utama," kata ketua Football League, Lord Mawhinney.

Namun, klub-klub tersukses di Eropa sering kali terpaksa merekrut pemain akademi dari klub-klub 'yang lebih kecil' untuk memenuhi kuota.

Hal ini telah menciptakan sekelompok pemain sepak bola yang tidak akan pernah benar-benar mendapatkan kesempatan untuk tampil gemilang — dan beberapa pihak berpendapat aturan ini lebih memihak klub-klub yang lebih besar.

Brendan Rodgers menegaskan kembali pernyataan ini sebelum pertandingan Liga Champions dengan Celtic pada September 2023.

"Fokus saya secara pribadi akan selalu tertuju pada pemain lokal. Namun, jika itu berarti Anda tidak dapat memilih skuad terkuat Anda, karena itu dapat menjadi penghalang untuk merekrut pemain. Saya pikir sangat bagus jika Anda memiliki pemain dari pelatihan afiliasi Anda yang dapat berada di sana. Namun pada saat yang sama, mereka juga harus cukup bagus. Jadi, ya, di negara-negara yang lebih kecil itu adalah sesuatu yang dapat dipertimbangkan."

Bahkan pada Maret 2023, seorang pengacara senior di Pengadilan Eropa (ECJ) mengatakan peraturan dalam negeri sebagian tidak sesuai dengan undang-undang pergerakan bebas Uni Eropa.

"Faktanya adalah semakin muda usia seorang pemain, semakin besar kemungkinan pemain tersebut tinggal di tempat asalnya. Oleh karena itu, pemain dari negara anggota lain yang akan dirugikan oleh peraturan yang disengketakan tersebut," kata Advokat Jenderal ECJ Maciej Szpunar.

"Meskipun netral dalam kata-katanya, ketentuan yang disengketakan tersebut menempatkan pemain lokal pada posisi yang lebih menguntungkan dibandingkan pemain dari negara anggota lain."

Sumber: Givemesport

Berita Terkait