Komisi III DPR RI Menyetujui Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

oleh Hery Kurniawan diperbarui 17 Sep 2024, 14:26 WIB
Empat pemain keturunan Indonesia yang berlaga di Eropa telah diajukan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi agar bisa membela Timnas Garuda. Dari keempatnya, Mees Hilgers berpeluang paling cepat, karena sama sekali belum pernah berseragam Timnas negara lain. (twitter@fctwente)

Bola.com, Jakarta - Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders terus berlangsung. Selasa (17/9/2024), rencana naturalisasi dua pemain itu dibahas di Komisi III DPR RI.

Dalam pembahasan naturalisasi oleh Komisi III DPR RI itu hadir pula Menpora RI, Dito Ariotedjo, dan Menkumham RI, Supratman Andi Agtas. Pembahasan dimulai pada pukul 13.30 WIB.

Advertisement

Menpora RI, Dito Ariotedjo, sempat diminta untuk memaparkan alasan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Dito juga diminta menjelaskan garis keturunan dua pemain itu.

Penjelasan Dito Ariotedjo cukup singkat dan padat. Tidak ada pertanyaan atau sanggahan dari peserta rapat tersebut.

2 dari 3 halaman

Disetujui

Ilustrasi - Eliano Reijnders Nuansa Timnas Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Komisi III DPR RI pun menyetujui pertimbangan pemberian kewarganegaraan untuk dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijners.

"Dengan telah disetujuinya pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Eliano dan Mees, maka selesai sudah seluruh kegiatan pada hari ini.Kami pimpinan komisi III berterima kasih kepada saudara Menpora dan Menkumham atas kehadirannya," ujar salah satu pimpinan Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh.

Setelah dengan Komisi III DPR RI, pembahasan proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan diteruskan di Komisi X pada Selasa (17/9/2024) pukul 15.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Percepat

Eliano Reijnders dan Erick Thohir sudah bersalaman di Jakarta, Jumat (6/9/2024). (Instagram/erickthohir)

Ketua PSSI, Erick Thohir menargetkan dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa didaftarkan untuk Timnas Indonesia sebelum matchday ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Dalam matchday ketiga, Indonesia akan bertandang ke markas Bahrain dan China pada Oktober.

"Tanggal 20 sampai 24 September kita masih ada waktu 4-5 hari untuk coba mendaftarkan karena kalau lewat dari tanggal 24 mereka tidak bisa main pada Oktober," kata Erick di Deli Serdang, dikutip dari Antara, Minggu (15/9/2024).

 
 

Berita Terkait