Transfer Matthijs de Ligt ke MU Bikin Fans Kaget, Direktur Olahraga Bayern Munchen Beberkan Alasan

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 17 Sep 2024, 17:30 WIB
Bek Manchester United Matthijs de Ligt mencetak gol ke gawang Southampton di St Mary's Stadium hari Sabtu (14/09/2024). (Glyn KIRK / AFP)

 

Bola.com, Jakarta - Transfer Matthijs de Ligt dari Bayern Munchen ke Manchester United (MU) menjadi buah bibir pada bursa transfer musim panas 2024. Penggemar Bayern Munchen terkejut karena pemain asal Belanda itu merupakan pemain kunci Die Roten.

Advertisement

Menariknya Direktur Olahraga Bayern Munchen, Max Eberl, akhirnya berkomentar serta mengungkap alasan di balik keputusan menjual Matthijs de Ligt ke MU pada bursa transfer musim panas 2024.

Dalam sebuah jumpa pers, Eberl menegaskan meski keputusan itu menimbulkan reaksi yang beragam dari para penggemar, klub percaya keputusan sudah sesuai visi jangka panjang dan kebutuhan taktis tim yang bermarkas di Allianz Arena.

"Saya tahu mengenai petisi tersebut, dan saya memahami bahwa banyak penggemar merasa dekat dengan Matthijs de Ligt. Namun, kami juga harus memperhitungkan kebutuhan tim dan strategi jangka panjang," ujar Eberl.

"Kami lebih nyaman dengan Upamecano dan Kim Min-jae, terutama dalama konteks permainan yang menuntut pertahanan tinggi di lapangan," lanjut Direktur Bayern Munchen itu.

 
 
2 dari 3 halaman

Kritik Pedas Fans

Football Arena Munich mampu menampung 75.024 penonton untuk pertandingan domestik dan dibatasi menjadi 70.000 penonton untuk pertandingan internasional dan Eropa. (AFP/Andreas Gebert/Pool)

 

Kepindahan Matthijs de Ligt yang tiba-tiba membuat pendukung Bayern Munchen gempar. Bahkan lebih dari 70 ribu fans Bayern Munchen menandatangani petisi yang mendesak klub untuk membatalkan penjualan sang pemain.

Banyak yang mempertanyakan keputusan manajemen, mengingat Matthijs de Ligt adalah salah satu bek dengan reputasi internasional dan pengalaman yang kuat.

Ketidakpuasan ini diperkuat kritik tajam dari legenda Bayern, Lothar Matthaus, yang menyebut langkah itu sebagai 'aib'.

Matthijs de Ligt meninggalkan Bayern Munchen untuk bergabung dengan MU melalui kesepakatan yang dilaporkan bernilai 50 juta euro, dengan biaya awal 45 juta euro plus 5 juta euro sebagai add-on. De Ligt bergabung bersama The Red Devils bersama mantan rekan setimnya di Bayern Munchen, Noussair Mazraoui.

 

3 dari 3 halaman

De Ligt Impresif di MU

Bek Manchester United, Matthijs de Ligt mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga Premier League 2024/2025 di St Mary's Stadium, Sabtu (14/9/2024). (AP/Alastair Grant)

Sejak datang ke Old Trafford, Matthijs de Ligt tercatat tampil dalam empat laga Premier League musim ini. Penampilan impresifnya kian mencuri perhatian saat mencetak gol pembuka dalam kemenangan 3-0 yang diraih MU atas Southampton.

Namun, kekhawatiran yang muncul setelah Matthijs de Ligt ditarik keluar pada menit ke-87 dalam pertandingan melawan Southampton. Bek tengah ini digantikan oleh Casemiro setelah memperlihatkan tanda-tanda masalah.

Spekulasi cedera segera mencuat, tetapi Matthijs de Ligt dengan cepat menenangkan kekhawatiran tersebut. Dalam wawancara usai pertandingan, Matthijs de Ligt menjelaskan bahwa ia hanya mengalami kram.

"Saya baik-baik saja, hanya sedikit kram di lima menit terakhir. Ini kali pertama dalam lima bulan terakhir saya bermain tiga kali berturut-turut. Saya ingin terus bermain, tetapi pelatih merasa lebih baik jika saya ditarik keluar," ujar De Ligt kepada Metro.

Setelah kemenangan penting atas Southampton, MU dijadwalkan akan kembali ke Old Trafford untuk menjamu Barnsley pada Carabao Cup, Selasa 17/9/2024).

Sumber: Sportskeeda

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

Berita Terkait