Incaran Sebelumnya Belum Deal, Ada Lagi Pemain Berdarah Belanda yang Dibidik Timnas Malaysia

oleh Radifa Arsa diperbarui 17 Sep 2024, 22:30 WIB
Piala AFF U-19 - Ilustrasi Logo Malaysia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Prestasi Timnas Indonesia yang belakangan mengalami peningkatan drastis berkat bantuan pemain-pemain keturunan asal Belanda tampaknya mulai menginspirasi negara tetangganya, Malaysia, untuk mengambil langkah serupa.

Yang terbaru, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dikabarkan tengah mengintip peluang untuk menyodorkan proses naturalisasi kepada gelandang kelahiran Belanda sebagai calon amunisi terbaru Timnas Malaysia.

Advertisement

Sosok pemain yang saat ini dikabarkan masuk radar FAM ialah Sem Scheperman. Gelandang asal klub kasta tertinggi Liga Belanda, Heracles Almelo, itu disebut-sebut memiliki darah keturunan Malaysia.

“Pemain Belanda-Malaysia, Sem Scheperman, sudah berada dalam radar Federasi Sepak Bola Malaysia dan mereka telah menghubunginya mengenai peluang untuk memperkuat tim nasional,” bunyi unggahan FR Future Talents melalui akun Instagramnya.

Sayangnya, ini masih sebatas rumor karena pemain-pemain incaran sebelumnya, belum ada yang deal, mulai Mats Deijl hingga Joshua Brownhill.

2 dari 4 halaman

Pemain Potensial

Rencana FAM memboyong Sem Scheperman, memang cukup beralasan. Sebab, pemain yang berpostur 188 cm itu punya pengalaman bersaing di kasta tertinggi Liga Belanda alias Eredivisie sejak musim lalu.

Dia juga menjadi salah satu pilar kunci di balik kesuksesan Heracles Almelo merebut tiket promosi pada musim 2022/2023. Adapun musim lalu, dia tampil reguler di kasta tertinggi dengan 22 penampilan.

“Dengan tinggi badan 188 cm dan berpengalaman bermain di kasta tertinggi Liga Belanda, tentunya akan memberikan lebih banyak pilihan kepada pelatih Harimau Malaya, Pau Marti, untuk mengatur dan merumuskan strategi,” tulis Harian Metro.

 

3 dari 4 halaman

Strategi Negeri Tetangga

Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Arab Saudi Vs Timnas Indonesia - Thom Haye dan Jay Idzes (Bola.com/Adreanus Titus)

Harian Metro menilai, langkah yang diambil FAM memang patut didukung. Sebab, jika berkaca program naturalisasi yang dilakukan PSSI untuk merekrut pemain keturunan, dampaknya langsung dirasakan Timnas Indonesia.

Nama-nama pemain berdarah Indonesia yang berasal dari Kincir Angin kini jadi tulang punggung skuad Garuda untuk bersaing, tidak hanya di regional ASEAN, tetapi juga di level konfederasi Asia.

“Jika melihat kesuksesan Sang Garuda yang cukup bijak dalam mencari pemain yang memiliki hubungan darah Indonesia-Belanda, maka tak salah jika Malaysia mencoba hal tersebut,” tulis Harian Metro.

“Hasilnya terlihat ketika skuad besutan Shin Tae-yong berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia,” lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Berburu Tiket Piala Asia

Timnas Malaysia menjuarai turnamen Pestabola Merdeka 2024. (Dok. Instagram FAM/Federasi Sepak Bola Malaysia)

Timnas Malaysia tentu membutuhkan kekuatan terbaiknya untuk memperebutkan tiket menuju putaran final Piala Asia 2027 setelah gagal melenggang ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Mereka kini jadi salah satu di antara 24 tim yang bakal memperebutkan enam tiket tersisa. Babak kualifikasi ini, menurut jadwal, baru bergulir pada 25 hingga 31 Maret 2025.

Berita Terkait