Anggota DPR dan Mantan Ketua PSSI Djohar Arifin: Shin Tae-yong Jangan Konsentrasi ke Timnas Indonesia Saja, Harus Blusukan ke Papua - Aceh

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 17 Sep 2024, 19:31 WIB
Djohar Arifin Husein saat menerima Bola.com dan Liputan6.com di kantor PSSI (Helmi Fithriansyah/Liputan6.com)

Bola.com, Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI sekaligus mantan Ketua PSSI, Djohar Arifin Husin, meminta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mencari talenta dari Aceh hingga Papua.

Djohar Arifin membagikan pandangannya itu dalam rapat kerja Komisi X DPR dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI, Yunus Nusi, membahas naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk Timnas Indonesia.

Advertisement

"Kami memaklumi dengan padatnya agenda FIFA, negara mau tidak mau menyiapkan timnya sekuat mungkin," ucap Djohar Arifin.

"Namun, kita harus berpikir, apa selanjutnya? Bagaimana setelah mereka, paling daya tahan selama tiga tahun. Kita tidak mungkin terus-terusan naturalisasi," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Desakan untuk Shin Tae-yong

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menghadiri konferensi pers jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Australia di Ruang Konferensi Pers Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Djohar Arifin pernah empat tahun menjadi Ketua PSSI pada 2011-2015. Politikus Partai Gerindra itu juga meminta PSSI untuk mempersiapkan generasi selanjutnya Timnas Indonesia.

"Maka saya berharap kita mulai menyiapkan timnas U-12, timnas U-14, timnas U-16, timnas U-18, dan timnas U-20. Inilah bakal pengganti dengan kualitas hebat karena dilatih pelatih berkualitas," imbuh Djohar Arifin.

"Shin Tae-yong jangan hanya berkonsentrasi di Timnas Indonesia saja, harus juga memperhatikan tim-tim pengganti ke depan bagaimana," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Dari Aceh ke Papua

"Pada lima sampai sepuluh tahun ke depan, Timnas Indonesia levenya harus di atas dari ini. Shin Tae-yong jangan gembira di atas saja," tutur Djohar Arifin.

"Tapi yang di bawah ini dia harus jalan dari Papua ke Aceh mencari bakat-bakat pemain berbagai umur. Tugaskan dia. Jangan hanya menikmati Timnas Indonesia."

"Tapi membangun Timnas Indonesia juga. Harus dilaksanakan. Shin Tae-yong mempunyai tugas khusus," terang mantan pemain PSMS Medan medio 1970-an ini.