10 Pemain Timnas Indonesia dengan Followers Instagram Terbanyak: Melebihi Selebritas

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 18 Sep 2024, 09:00 WIB
Timnas Indonesia - Rafael Struick, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Perkembangan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong jelas luar biasa. Perjuangan Timnas Indonesia menuju Piala Dunia 2026 pun membuat para pemain mendapatkan lebih banyak penggemar.

Media sosial kini merupakan platform yang sangat penting dalam kehidupan manusia dalam beberapa tahun terakhir, tak terkecuali mereka yang menginginkan self branding.

Advertisement

Popularitas pemain Timnas Indonesia pun mulai diukur dari media sosial, di mana jumlah pengikut yang mencapai jutaan membuat nama mereka makin terdongkrak. Bahkan tidak kalah dari selebritas papan atas Tanah Air.

Lantas siapa saja pemain Timnas Indonesia paling populer di media sosial, terutama Instagram. Berikut 10 pemain Tim Garuda dengan jumlah follower terbanyak:

2 dari 11 halaman

1. Pratama Arhan (8,8 Juta Follower)

Pemian Timnas Indonesia, Pratama Arhan mengejar bola saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Pratama Arhan Alif Rifai atau yang akrab disapa Pratama Arhan mengantongi 8,8 juta follower di Instagram. Kariernya bersama Timnas Indonesia di level senior dimulai pada 2021.

Ia dikenal dengan set-piece lemparan ke dalam yang sangat jauh dan menyulitkan lawan. Bahkan beberapa kali, dari lemparannya bisa berbuah gol.

Saat ini Pratama Arhan sedang mencoba peruntungan dengan direkrut oleh klub kasta tertinggi Liga Korea Suwon FC.

Nama Pratama Arhan juga melambung ketika ia secara resmi menjadi suami dari selebgram Azizah Salsa yang terkenal juga memiliki follower yang cukup banyak.

 
 
3 dari 11 halaman

2. Asnawi Mangkualam (4,2 Juta Follower)

Selebrasi bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (tengah) setelah menjebol gawang Vietnam melalui eksekusi penalti pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). (AP Photo/Hussein Sayed)

Asnawi Mangkualam merupukan pemain kedua yang memiliki pengikut terbanyak di Instagram sebanyak 4,2 Juta follower. Nama Asnawi meroket setelah menampilkan permainan ciamik di Piala AFF.

Permainan apik Asnawi membuat klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners, merekrutnya. Asnawi kerap didapuk sebagai kapten Timnas Indonesia membuat namanya kian meroket.

Pada 2023, ia resmi diboyong oleh Port FC tim utama Liga Thailand.

4 dari 11 halaman

3. Marselino Ferdinan (4 Juta Follower)

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Marselino Ferdinan adalah salah satu pemain dengan bakat yang paling bersinar dari penggawa Timnas Indonesia. Kini pemilik akun @marselinoferdinan10 ini memiliki 4 juta follower di Instagram.

Nama Marselino Ferdinan mulai melambung sejak ia hijrah ke Belgia untuk begabung dengan klub KMSK Deinze.

Pemain Oxford United itu sudah mulai dikenal sejak masuk Timnas Indonesia U-16. Marselino secara bertahap membela timnas U-20 hingga timnas U-23 hingga saat ini Marselino menjadi pilihan utama di timnas senior.

5 dari 11 halaman

4. Rafael Struick (4 Juta Followers)

Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (tengah) berusaha melewati dua pemain Vietnam, Phan Tuan Tai (kanan) dan Pham Xuan Manh pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)  

Penyerang muda berdarah Belanda ini juga masuk dalam daftar pemilik follower terbanyak. Pemilik akun @rafaelstruick itu memilki Follower 4 juta sama banyak dengan Marselino Ferdinan.

Rafael Struick dipercaya menjadi penyerang utama Timnas Indonesia sejak bergabung pada 2022. Pesona parasnya membuat Rafael Struick menjadi pujaan dari penggemar wanita.

Rafael Struick baru saja resmi bergabung dengan tim asal Australia, Brisbane Roar FC, setelah bermain untuk ADO Den Haag sebelumnya.

6 dari 11 halaman

5. Egy Maulana Vikri (3,4 Juta Followers)

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri setelah menjebol gawang Vietnam pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Egy Maulana Vikri termasuk salah satu pemain terlama yang memperkuat Timnas Indonesia. Egy memiliki performa yang luar biasa sejak debut sebagai pemain Timnas Indonesia, hingga kini Egy sudah menjadi langganan dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Nama Egy Maulana Vikri mulai mencuat saat ia menjajaki rumput Polandia bersama tim Lechia Gdansk. Kini Pemilik akun @egymaulanavikri tersebut bermain untuk Dewa United.

7 dari 11 halaman

6. Marc Klok (3,1 Juta Followers)

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok saat menghadapi Vietnam dalam laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Pemain yang sudah tidak asing bagi penggemar sepak bola nasional, Marc Klok, memiliki 3,1 juta pengikut akun Instagram miliknya.

Mantan pemain Persija ini sempat menjadi pemain yang cukup sering mendapat panggilan membela Timnas Indonesia. Kini Marc Klok memperkuat Persib Bandung yang baru ini menjuarai kompetisi BRI Liga 1 musim 2023/2024.

 

8 dari 11 halaman

7. Justin Hubner (2,7 Juta Followers)

Aksi pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner dalam laga melawan Timnas Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023. (AFP/Giuseppe Cacace)

Penjaga area tengah pertahanan Timnas Indonesia, Justin Quincy Hubner memiliki 2,6 juta followers.

Justin Hubner merupakan pemain Wolves yang sempat dipinjamkan ke klub Jepang Cerezo Osaka. Namun, kini ia sudah kembali ke Wolves dan memperkuat tim U-21 klub Inggris tersebut.

Sejak bergabung dengan Timnas Indonesia pada 2023, hingga kini ia dipercaya menjadi andalan di pusat pertahanan tim asuhan Shin Tae-yong.

9 dari 11 halaman

8. Witan Sulaeman (2,6 Juta Followers)

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman setelah mencetak gol kedua ke gawang Yordania U-23 pada laga ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Pemain lincah asal Kota Palu, Witan Sulaeman, termasuk salah satu pemain yang menjadi langganan Timnas Indonesia. Akun Instagramnya Witan memiliki 2,6 Followers.

Naiknya nama Witan Sulaeman diiringi dengan performa apiknya bersama Timnas Indonesia hingga direkrut oleh klub asal  Serbia, Radnik. Ia juga sempat bermain di Slowakia bersama Senica dan kemudian Trensin.

Kini Witan Sulaeman bermain untuk Persija Jakarta.

10 dari 11 halaman

9. Nathan Tjoe A-On (2,6 Juta Followers)

Bek Timnas Indonesia, Nathan Noel berbaris merayakan kemenangan 1-0 atas Vietnam di hadapan para suporter setelah berakhirnya laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pemain naturalisasi Nathan Tjoe A-On memiliki 2,6 juta Followers. Nama Nathan Tjoe A-On mulai melabung sejak ia bergabung Timnas Indonesia U-23 dan tampil apik di bawah asuhan Shin Tae Yong.

Nathan juga mampu bermain di beberapa posisi sejak itu Nathan menjadi langganan untuk menjadi pilihan utama Timnas Indonesia. Nathan Tjoe A-On kini bermain untuk klub Inggris di divisi Championship, Swansea City.

11 dari 11 halaman

10. Rizky Ridho (2,3 Juta Followers)

Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho, berusaha menghadang pemain Australia, Craig Goodwin, pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Rizky Ridho Ramdhani, bek tangguh Timnas Indonesia, mengantongi 2,3 juta followers di Instagram.

Rizky Ridho selalu tampil apik saat dipercaya sebagai starter Tim Garuda. Saat ini Rizky Ridho menjadi pilihan utama Shin Tae Yong untuk jantung pertahanan timnas Indonesia bersama Jay Idzes dan Justin Hubner.

Penulis: Lutfi Galih Pawening

Berita Terkait