Anggota Komisi X DPR RI Pakai Istilah Akamsi saat Sentil Program Naturalisasi Timnas Indonesia, Langsung Diserbu Netizen

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 17 Sep 2024, 21:06 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Nuroji. (Screenshot YT DPR RI)

Bola.com, Jakarta Anggota Komisi X DPR RI, Nuroji, mengeluarkan istilah akamsi dalam mengkritik program naturalisasi Timnas Indonesia saat sidang pemberian kewarganegaraan untuk dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di Gedung DPR, Jakarta Pusat, pada Selasa (17/9/2024) sore WIB.

Rapat pertama, Komisi III DPR telah lebih dulu merekomendasikan naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dalam raker dengan Dito dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas.

Advertisement

Kemudian dilanjutkan ke Komisi X dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Saya jujur tidak terlalu bangga dan euforia dengan kemenangan-kemenangan PSSI, karena yang main bukan akamsi, anak kampung sendiri," ujar Nuroji.

Nuroji menegaskan dukungan kepada PSSI dengan catatan tidak menjadikan program naturalisasi sebagai strategi jangka panjang.

Tapi, untuk pemberian kewarganegaraan pemain keturunan Indonesia, Nuroji setuju.

"Untuk pemain yang punya darah Indonesia, saya sepakat. Kalau yang tidak ada sama sekali ya harus dikurangi. Kemenpora, KONI, PSSI harus punya strategi yang mengedepankan nasionalisme.

Komisi X akhirnya menyetujui proses naturalisasi Mees dan Eliano Reijnders. Keduanya diharapkan bisa debut untuk Timnas Indonesia pada R3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 periode Oktober.

 

2 dari 6 halaman

Langsung Diserbu Netizen

3 dari 6 halaman

Si Paling Akamsi

4 dari 6 halaman

Diserbu

5 dari 6 halaman

Lucu

6 dari 6 halaman

Hmm

Berita Terkait