Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dilantik Jadi WNI di Belanda, Ini Alasannya

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 18 Sep 2024, 09:25 WIB
Pemain keturunan Belanda, Mees Hilgers bersalaman dengan ketua umum PSSI, Erick Thohir di Jakarta, Jumat (6/9/2024) malam WIB. (Instagram/erickthohir)

Bola.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas, mengatakan bahwa dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal dilantik sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda.

Dalam waktu dekat, Mees Hilgers dan Eliano bakal diambil sumpah kewarganegaraan RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, Belanda.

Advertisement

Pada Selasa (17/9/2024), Supratman telah mengikuti rapat kerja (raker) dengan Komisi III DPR RI hingga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, untuk membahas naturalisasi Hilgers dan Eliano.

"Kami sudah menyelesaikan raker dengan Menpora dan Komisi III DPR untuk naturalisasi dua calon pemain Timnas Indonesia," ujar Supratman dalam akun Instagramnya, @supratman08.

2 dari 3 halaman

Alasannya

Eliano Reijnders dan Erick Thohir sudah bersalaman di Jakarta, Jumat (6/9/2024). (Instagram/erickthohir)

Supratman juga bakal menerbangkan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar, ke Belanda untuk memfinalisasi naturalisasi Hilgers dan Eliano.

"Karena itu, kami tinggal menunggu satu tahapan terakhir yaitu pengambilan sumpah. Langkah terakhirnya adalah pengambilan sumpah kewarganegaraan," tutur Supratman.

Supratman menjelaskan alasan Hilgers dan Eliano dilantik menjadi WNI di Belanda karena kesibukan keduanya bersama klub masing-masing di Eredivisie.

3 dari 3 halaman

Dirjen AHU Berangkat ke Belanda

Hilgers memperkuat FC Twente, sementara Eliano membela PEC Zwolle. Keduanya tidak mempunyai waktu cukup untuk datang ke Indonesia karena Eredivisie masih terus berjalan.

"Berhubung karena dua calon WNI yang akan bergabung dengan Timnas Indonesia masih ada di Belanda, maka langkah tercepat yang bisa diambil adalah memberangkatkan Dirjen AHU," imbuh Supratman.

"Untuk pengambilan sumpah Hilgers dan Eliano sebagai WNI di KBRI Belanda," tutur pria berusia 54 tahun tersebut.

Berita Terkait