5 Catatan Spesial Selepas Laga Perdana Liga Champions Tadi Malam: Endrick dan Harry Kane Paling Gacor

oleh Rizki Hidayat diperbarui 18 Sep 2024, 11:16 WIB
Pada masa tambahan waktu atau pada menit ke-90+5, Endrick berhasil menambah gol kemenangan Real Madrid atas Stuttgart. (Thomas COEX/AFP)

Bola.com, Jakarta - Sejumlah klub-klub Eropa telah menjalani laga perdana league phase Liga Champions musim ini, Rabu (18/9/2024) dini hari WIB. Catatan spesial tercipta, termasuk yang ditorehkan Endrick serta Harry Kane.

Hasil impresif ditorehkan Bayern Munchen ketika bentrok dengan Dinamo Zagreb di Allianz Arena. Tampil dominan, Die Bayern berhasil melumat Zabreg dengan skor 9-2.

Advertisement

Kesembilan gol The Bavarians disarangkan Harry Kane (19', 57', 73', 78'), Raphael Guerreiro (33'), Michael Olise (38', 61'), Leroy Sane (85'), dan Leon Goretzka (90+2'). Adapun dua gol Dinamo Zagreb dicetak Bruno Petkovic pada menit ke- 48 dan Takuya Ogiwara menit ke-50.

Pada laga lainnya di Liga Champions, Liverpool bertandang ke markas AC Milan, San Siro. Sempat tertinggal lebih dulu, The Reds sukses memetik kemenangan 3-1 atas Milan.

Trigol Liverpool tercipta atas nama Ibrahima Konate pada menit ke-23, Virgil van Dijk menit ke-41, dan Dominik Szoboszlai menit ke-67. Sementara itu, gol tunggal AC Milan dicetak Christian Pulisic menit ke-3.

Hasil positif juga mampu didapat Real Madrid. Menjamu VfB Stuttgart di Santiago Bernabeu, Los Blancos berhasil menang 3-1.

Sejumlah catatan menarik tercipta selepas pertandingan perdana league phase Liga Champions musim ini tadi malam. Berikut beberapa di antaranya.

 

2 dari 6 halaman

Liverpool Moncer di San Siro

Pada menit ke-23, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Ibrahima Konate. (PIERO CRUCIATTI/AFP)

Liverpool tampil moncer ketika bermain di San Siro. The Reds berhasil meraih kemenangan dari empat lawatan ke San Siro.

Mereka sukses membungkam Inter Milan dengan skor 1-0 (2008) dan 2-0 (2022), serta AC Milan dengan skor 2-1 (2021) dan teranyar 3-1 (2024). Berkat torehan tersebut, Liverpool menjadi satu-satunya tim yang berhasil memetik empat kemenangan beruntun di San Siro pada ajang Liga Champions.

 

3 dari 6 halaman

Harry Kane Sejajar Legenda Inggris

Penyerang Bayern Munchen, Harry Kane, merayakan gol saat timnya melibas Dinamo Zagreb pada matchday pertama Liga Champions 2024/2025, di Allianz Arena, Munich, Rabu (18/9/2024) dini hari WIB. (AFP/Alexandra Beier)

Harry Kane berhasil mengukir empat gol ketika Bayern Munchen bersua Dinamo Zagreb. Berkat quattrick Kane tersebut, Die Bayern menang 9-2 atas Zagreb.

Menorehkan tiga gol atau lebih, Harry Kane sejajar dengan dua legenda Inggris, yakni Andy Cole dan Michael Owen. Kane, Cole, serta Owen menjadi pemain Inggris yang berhasil mencetak dua hattrick di Liga Champions.

 

4 dari 6 halaman

Pemain Inggris Tersubur di Liga Champions

Dua bintang Bayern Munchen, Leon Goretzka (kanan) dan Harry Kane, saat pertandingan Liga Champions 2024/2025 melawan Dinamo Zagreb di Allianz Arena, Rabu (18/9/2024) dini hari WIB. (Alexandra Beier/AFP)

Harry Kane kini juga berstatus sebagai pemain tersubur di Liga Champions. Total, eks striker Tottenham Hotspur itu mengoleksi 33 gol.

Kane mematahkan rekor yang sebelumnya dikuasai Wayne Rooney dengan 30 gol. Semua gol Rooney tercipta saat berseragam Manchester United.

 

5 dari 6 halaman

Pemain Termuda

Pemain Real Madrid, Endrick melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang VfB Stuttgart pada laga Liga Champions 2024/2025 di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (18/09/2024) WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Endrick menyumbangkan satu gol ketika Real Madrid menang 3-1 atas VfB Stuttgart. Gol itu membuat pemain asal Brasil tersebut berstatus pemain termuda yang mencetak gol pada laga debut bersama Madrid di Liga Champions.

Saat membobol gawang Stuttgart, Endrick masih berusia 18 tahun dan 58 hari. Selain itu, Endrick juga merupakan pemain termuda yang mencetak gol pada laga debut bersama El Real di abad ke-21.

 

6 dari 6 halaman

Ukir Quattrick

Harry Kane juga menjadi pemain pertama asal Inggris yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan di Liga Champions. Terakhir kali catatan serupa ditorehkan Alan Smith saat masih berseragam Arsenal melawan FK Austria Wien pada 1991.

Sumber: Opta, Squawka

Berita Terkait